Jaga Keamanan Mudik Lebaran, Petugas Temukan Baut Bus Terlepas di Terminal Tulungagung

Petugas melakukan cek kelaikan armada bus di Terminal Gayatri
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim- Menjaga keamanan dalam arus mudik Lebaran 2024, petugas gabungan dari Dishub Tulungagung dan Satlantas Polres Tulungagung menggelar pemeriksaan armada bus. Hasilnya ada temuan baut pada roda bus yang terlepas.

8 Jalur Perlintasan KA Sebidang di Tulungagung Diusulkan Pembangunan

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Gayatri Tulungagung, Yono mengungkapkan pemeriksaan kepada armada bus yang melintas meliputi kelengkapan administrasi hingga fisik armada. Baut roda belakan bus yang copot atau hilang dianggap membahayakan.

"Untuk bus tersebut tidak boleh beroperasi sementara waktu, sampai dengan bus itu selesai diperbaiki," ujar Yono di Terminal Gayatri Tulungagung, Rabu, 3 April 2024.

Tisu Montiss Ingatkan Masyarakat Jaga Higienitas Selama Mudik Lebaran 2024

Atas temuan ini, pihaknya terpaksa tidak memperbolehkan armada tersebut melanjutkan perjalanan dengan diberikan surat penundaan perjalanan. Boleh melanjutkan saat sudah dalam kondisi baut terpasang lengkap.

"Baru bisa beroperasi lagi. Sedangkan penumpangnya tadi dialihkan ke armada lain," terang Yono.

Menhub, Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Fasilitas Pelayanan Mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo

Senada, Kasatlantas Polres Tulungagung, Ajun Komisaris Polisi Jodi Indrawan mengaku kegiatan rampcheck ini dilakukan sebagai bentuk keamanan dan kenyamanan bagi pemudik yang menggunakan bus sebagai moda transportasi.

Sebab dalam melayani arus mudik, setiap armada transportasi umum harus dalam kondisi laik jalan.Selama pemeriksaan, petugas mengambil sampel terhadap 16 armada bus untuk diperiksa beserta 16 sopir dan kernetnya.

Halaman Selanjutnya
img_title