Kasus Demam Berdarah di Surabaya Meningkat, National Hospital Rawat 75 Pasien

Edukasi demam berdarah sambil bagikan takjil
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Kasus demam berdarah di Kota Surabaya cenderung meningkat. Berdasar catatan National Hospital, terdapat 75 pasien yang dirawat sejak Januari 2024 lalu.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

"Angka puluhan kasus tersebut dari rentang usia 0-64 tahun yang dirawat karena kasus demam berdarah," kata Direktur Utama National Hospital dr Azwan Hakmi Lubis SpA MKes, Sabtu, 6 April 2024.

Untuk itu, dr Azwan mengimbau kepada masyarakat agar tetap selalu waspada dan senantiasa melakukan pencegahan dari rumah dengan menjaga kebersihan saluran air serta lingkungan sekitar.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Di kesempatan yang sama, dokter spesialis anak Achmad Yuniari Heryana SpA mengungkapkan, dalam seminggu ini, dirinya mengaku telah merawat lima anak karena terjangkit demam berdarah.

"Kasus DBD ini meningkat lagi. Dari yang ringan hingga bentuknya yang berat dari yang classic hingga dengue. Karena itu harus sudah mulai meningkatkan kewaspadaan," katanya.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Dirinya juga meminta kepada masyakat agar menjaga kebersihan tempat tinggal. Mulai dari menguras tempat penampungan air hingga mendaur ulang beberapa tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk demam berdarah untuk berkembangbiak.

Selain aktivitas menguras, mengubur, hingga mendaur ulang, dia juga menyampaikan jika saat ini sudah ada vaksin demam berdarah. Vaksin tersebut bisa diberikan kepada anak-anak usia 6 tahun hingga 45 tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title