Minimalisir Kecelakaan Saat Mudik, Sekam Jalur Ekstrem Pacet Mojokerto Dipertebal

Sekam jalur ekstrem Pacet Mojokerto dipertebal.
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim –Menyambut puncak libur lebaran, keamanan jalur wisata terus dimaksimalkan. Ratusan karung dinding sekam ditambahkan di sepanjang jalur penyelamat Jalan Pacet-Cangar. Perangkat keamanan berupa ambulans dan bengkel dadakan juga disiagakan di titik-titik rawan kecelakaan.

Ribuan Wisatawan Serbu Kebun Raya Mangrove Surabaya Selama Libur Lebaran 2024

Ada ratusan karung yang ditambahkan di  jalur penyelamat. Yakni tikungan Gotean dan rest area AMD Sendi. Ratusan karung itu disusun menjadi dinding pembatas agar pemotor yang mengelami rem blong di Jalan Pacet-Cangar tak terjun ke jurang. 

Selain itu, sekam ini juga berfungsi meredam benturan keras dan mencegah fatalitas korban akibat kendaraan rem blong saat melewati turunan tajam. 

Usai Idul Fitri, Kakanwil Kemenkumham Jatim: Pelayanan Publik Langsung Gas!

Kapolres Mojokerto AKBP Irham Kustarto mengatakan pembenahan barikade sekam di jalur penyelamat Pacet-Cangar ini untuk meminimalisir kerasnya benturan jika terjadi kecelakaan akibat rem blong.

“Kita harapkan apabila terjadi rem blong bisa memberikan daya antisipasi awal bagi pengendara untuk menyelamatkan dirinya. Kalau toh terjadi , setidak-tidaknya tidak menimbulkan cidera berat,” katanya kepada wartawan, Senin, 2024. 

Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi di Bandara Juanda Surabaya, Kepadatan Penumpang Capai Puluhan Ribu

Penguatan di sepanjang jalur penyelamatan melibatkan berbagai unsur relawan dan pihak kepolisian serta stakeholder terkait. Tak hanya itu, pihak kepolisian kuga bekerjasama dengan Astra Honda mendirikan pos Check Poin selam libur Hari Raya Idul Fitri ini. 

Irham menjelaskan, Check Poin ini untuk antisipasi dini kecelakaan akibat rem blong. Terutama kendaraan roda dua, dan roda empat yang melewati jalur alternatif Mojokerto - Batu ini. Disana, wisatawan disediakan tempat untuk mengistirahatkan kendarannya agar pengeremannya tidak terbakar dan mengalami blong. Montir disiagakan untuk membantu pengguna jalan yang mengalami masalah. 

Halaman Selanjutnya
img_title