Tradisi Akhir Ramadan, Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Dimenangkan Ikan Seberat 13,1 Kg

fdfdfs
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA JatimKontes Bandeng Kawak 2024 menjadi puncak gelaran Pasar Bandeng Kawak 2024, di Bandar Grisse, Jalan Basuki Rahmat, Gresik pada Senin, 8 April 2024 malam. 

Berprestasi, 25 Anggota Polres Gresik Diganjar Penghargaan

Agenda ini menjadi puncak serangkaian acara Pasar Bandeng sejak hari Jumat, 6 April 2024. Bandeng kawak milik petambak Syaifullah Mahdi dari Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah seberat 13,1 kg menjadi juara 1.

Perlu diketahui, Kabupaten Gresik dapat menghasilkan rata-rata panen Bandeng dalam jumlah besar, hingga 80.000 ton pertahun.

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Selain Kontes Bandeng Kawak, ada pula pasar rakyat dan masyarakat sekitar dapat menikmati makanan gratis yang telah disediakan, juga pelaku UMKM yang berjualan untuk meningkatkan perekonomian mikro.

"Pasar Bandeng ini memiliki dampak secara umum, karena mengundang banyak sekali UMKM yang berjualan di sekitar Pasar Bandeng," ucap Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Pj Gubernur Jatim Tanggapi Polemik Warung Madura di Bali : Ekonomi Sekarang 24 Jam

Pasar Bandeng ini, lanjut Bupati yang akrab disapa Gus Yani itu, merupakan budaya warisan tak benda yang telah eksis sejak ratusan tahun lalu. Tepatnya bermula sejak zaman Raden Sunan Giri. 

Untuk itu, Gus Yani berharap agenda ini dapat menjadi motivasi para petani tambak untuk menghasilkan bandeng berkualitas tinggi. Mengingat, Gresik telah ditetapkan sebagai daerah dengan Kampung Bandeng oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title