Mau Kuliah Gratis di Jepang Plus Uang Saku Rp12 Juta Perbulan? Buruan Daftar!

Ilustrasi orang Jepang
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Kabar gembira untuk siswa dan siswi Indonesia lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Kedutaan Besar Jepang kini membuka tawaran beasiswa kuliah gratis plus dapat uang saku Rp12 Juta Perbulan. Mau? Simak artikel ini hingga akhir!

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Kedutaan Besar Jepang membuka tawaran melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, dan Specialized Training College/SENSHU di Jepang untuk tahun akademik 2025 (April 2025) dalam Program Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho).

Bagian Informasi dan Kebudayaan Kedutaan Besar Jepang, menyebut, bahwa sebelum masuk universitas, penerima beasiswa akan mengikuti sekolah persiapan terlebih dahulu selama satu tahun. Selama sekolah persiapan, penerima beasiswa akan dibekali dengan pembelajaran sesuai dengan program yang dipilih.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Program GAKUBU untuk bidang studi IPS akan mempelajari pengetahuan umum Jepang, matematika, dan bahasa Inggris. Bidang studi IPA akan mempelajari pelajaran fisika, kimia, dan biologi. Program KOSEN akan mempelajari Bahasa Jepang sesuai dengan spesialisasi college, pengetahuan umum Jepang, matematika dan lainnya. Program SENSHU akan mempelajari bahasa Jepang sesuai dengan spesialisasi college, pengetahuan umum Jepang, dan lainnya.

Bagi pelamar yang memilih program GAKUBU bidang studi IPS, setelah dinyatakan lulus primary screening, apabila MEXT menilai bahwa pelamar memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni, pelamar akan secara langsung ditempatkan di universitas tanpa mengikuti sekolah persiapan terlebih dahulu. Hal tersebut tergantung dari keputusan MEXT dan pihak universitas di Jepang. Ketentuan terkait hal ini, akan dijelaskan setelah lulus primary screening.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Bagi pelamar yang memilih program GAKUBU bidang studi IPA yang memiliki kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni dan berminat untuk langsung masuk ke universitas tanpa sekolah persiapan, permintaan dapat dilakukan setelah dinyatakan lulus primary screening. Ketentuan terkait hal ini, akan dijelaskan setelah lulus primary screening.

Berikut ini persyaratan untuk melamar:

Halaman Selanjutnya
img_title