Ribuan CJH Asal Surabaya Ikuti Bimbingan Manasik Massal di UINSA

Gelaran bimbingan manasik haji massal yang dig
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Sekitar 1.300-an calon jemaah haji asal Surabaya melangsungkan bimbingan manasik haji massal di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), pada Minggu 28 April 2024.

Pj Gubernur Jatim Lepas 366 Jemaah Haji Kloter Pertama Embarkasi Surabaya

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Surabaya Pardi menyatakan, bimbingan manasik haji tahun ini dilaksanakan dua gelombang. Pertama, pada 28-29 April dan kedua pada 30 April-1 Mei 2024. Total ada 2.696 jemaah.

“Untuk memberikan pengetahuan-pengetahuan dan keterampilan-keterampilan, baik tentang pakaian ihram, bagaimana mereka di pesawat, makan minum di pesawat, hingga ibadah-ibadah sunnah yang mesti mereka lakukan baik di Makkah maupun Madinah,” kata Pardi.

4 Kloter Calon Jemaah Haji Bojonegoro Tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya

Di dalam manasik haji ini, calon jemaah haji mendapat beberapa materi, mulai dari kebugaran fisik, serta kebijakan pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi. Calon jemaah juga akan mendapat materi tata cara atau praktik ibadah hajinya.

“Mulai dari memakai pakaian ihram sampai tahapan-tahapan haji, kemudian saat di Arafah, di Minna itu diberikan bekal. Bekal kesehatan pribadi, obat- obat yang bisa dibawa, yang tidak bisa dibawa. Kemudian kalau ada lansia bagaimana memanfaatkan dan mendaftarkan tasyrikh dan lain-lain,” jelasnya.

Embarkasi Surabaya Kini Terapkan Fast Track untuk Jemaah Haji, Apa Itu?

Sebelumnya, ia juga mengatakan bahwa calon jemaah haji telah mendapatkan bimbingan manasik haji dari masing-masing Kecamatan selama 6 hari berturut-turut.

Calon jemaah haji, kata dia, minimal mendapatkan bimbingan manasik haji 10 kali di masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

Halaman Selanjutnya
img_title