Buat Paspor Sehari Langsung Jadi Lewat Program UP3 di Imigrasi Surabaya

Petugas Imigrasi Surabaya saat melayani pengurusan paspor.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA JatimImigrasi Surabaya meluncurkan program Unit Pelayanan Percepatan Paspor (UP3) mulai hari Sabtu, 4 Mei 2024. UP3 adalah layanan khusus percepatan penerbitan E-Paspor yang hanya butuh waktu sehari langsung jadi.

Imigrasi Surabaya Terapkan Makkah Route bagi Jamaah Haji di Bandara Juanda

UP3 beroperasi pada hari Sabtu, mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai. Layanan ini dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, di Jalan Raya Juanda KM 3-4, Kecamatan Sedati, Sidoarjo.

Namun bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan UP3, diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi M-Paspor. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Sah Jadi Kepala Imigrasi Surabaya yang Baru, Ini Tekad Ramdhani

"Biaya layanan Percepatan E-Paspor, sebesar Rp 1.650.000,- dan pembayarannya melalui kode billing yang didapat dari M-Paspor," ujar Kepala Kantor Imigrasi Surabaya, Chicco Muttaqin, Kamis 2 Mei 2024.

Disebut percepatan karena pada hari pelayanan, pemohon hanya diambil fotonya oleh petugas pada pagi hari dan paspor bisa diambil sore hari.

Tingkatkan Efektivitas Pelayanan, Kemenkumham Jatim Optimalisasi M-Paspor

Chicco berharap UP3 dapat membantu masyarakat yang ingin mengurus E-Paspor baik E-Paspor baru maupun penggantian dalam waktu yang singkat.

Imigrasi Surabaya juga masih mempelajari kemungkinan layanan UP3 ini untuk dilakukan secara rutin.

Halaman Selanjutnya
img_title