Erupsi Gunung Ruang, 3.364 Warga Sudah Dievakuasi dari Pulau Tagulandang

Warga korban terdampak erupsi Gunung Ruang di KRI Kakap-811
Sumber :
  • VIVA.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Sebanyak 3.364 warga korban erupsi Gunung Ruang sudah dievakuasi dari Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Rapat Koordinasi Gempa Bawean, Kepala BNPB Minta Fokus Pemenuhan Kebutuhan Dasar

"Evakuasi pengungsi yang sudah dilaksanakan sampai tanggal 2 Mei 2024 kami mencatat sebanyak 3.364 jiwa," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto seperti dilansir VIVA, Sabtu, 3 Mei 2024.

Gunung Ruang kembali berstatus Awas atau Level IV setelah kembali erupsi pada Selasa, 30 April 2024, pukul 02.35 WITA. 

Rakor Bersama BNPB, Pj Gubernur Adhy Pastikan Pemprov Jatim Bantu Rekonstruksi Bangunan Pasca Gempa

Suharyanto mengatakan, proses evakuasi tersebut  dilakukan menggunakan beberapa alat angkut seperti KM Glory, KRI Kakap, KM Marina Bay, dan KMP Lohoraung.

Saat ini ada KRI Teluk Lampung 540 dalam proses perencanaan dengan kapasitas angkut hingga 600 orang. Selain dari TNI-AL, ada kapal Bea Cukai dan BNPB serta akan ditambah dari swasta yaitu KMP Glory dan KMP Lokobanua untuk membantu proses evakuasi.

Pastikan Penanganan Berjalan Baik, Pj Gubernur Jatim: Kebutuhan Korban Gempa Bawean Segera Tiba

Suharyanto optimistis apabila dukungan sarana angkut laut untuk evakuasi ini dilakukan, maka evakuasi 5.719 orang bisa dilakukan.

"Apabila kita maksimalkan mudah-mudahan dalam waktu tiga hari ini bisa selesai. Semua warga yang harus diungsikan bisa keluar dari Pulau Tagulandang," tegasnya.