Drama Kolosal Mustika Pinilih Meriahkan Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto

Drama kolosal Mustika Pinilih di halaman Kantor Pemkab Mojokerto dalam rangka memeriahkan rangkaian Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto
Sumber :
  • VIVA Jatim/M Luthfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA Jatim – Resepsi Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto dibuka dengan pagelaran drama kolosal Mustika Pinilih. Pertunjukan itu menampilkan cerita tentang pemberontakan setelah  Tribhuwana Tunggadewi dinobatkan menjadi penguasa ketiga Kerajaan Majapahit tahun 1328. 

Pj Gubernur Adhy Gaungkan Gaya Hidup Sehat Lewat Spirit of Majapahit

Drama kolosal ini dipersembahkan oleh ratusan pelajar binaan dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mojokerto di Halaman Kantor Pemkab Mojokerto, pada Kamis, 9 Mei 2024. 

Diceritakan, Tribhuwana Tunggadewi mendapat ujian dalam memerintah Majapahit dengan pemberontakan yang dilakukan Adipati Sadeng. 

Pecah Kongsi di Pilkada 2024, Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto Berebut Rekom PKB

Adipati Sadeng yang membuat kerusakan di sana sini. Kondisi ini membuat Tribhuwana Tunggadewi turun langsung memimpin  pasukan Majapahit untuk meredakan pergolakan. Pergolakan pun akhirnya berhasil dipadamkan.

Jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto dan seluruh tamu undangan nampak kagum atas pertunjukan kolosal dari 120 pelajar itu. 

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyampaikan pentingnya melestarikan peningggalan atau warisan leluhur agar nilai-nilai luhur tetap terjaga.

"Harapannya yang pertama pasti bisa melestarikan nilai luhur peninggalan leluhur kita Kerajaan Mojopahit. Yaitu kebersamaan, persaudaraan, kesatuan dan persatuan," kata Ikfina.

Halaman Selanjutnya
img_title