Kemah Moderasi, Upaya FKPAI Nganjuk Tanamkan Spirit Keberagaman

Peresiman Kemah Moderasi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Kemah Moderasi yang digelar Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kabupaten Ngajuk merupakan bagian dari ikhtiar menanamkan spirit keberagamaan. Kegiatan yang bertajuk ‘Mencipta Harmoni, Merawat Negeri’ berlangsung di Desa Bajulan, Loceret, Nganjuk pada Sabtu hingga Ahad 26-27 November 2022. 

Simak Syarat dan Ketentuan Bantuan Pendidikan Islam dan Pesantren Kemenag RI

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Moh Afif Fauzi mengatakan bahwa perbedaan merupakan keniscayaan. Apalagi Indonesia adalah negara yang di dalamnya terdapat ragam suku, budaya, ras maupun agama. Untuk itu Kemah Moderasi yang digelar bertujuan untuk menanamkan spirit keberagaman.

"Kemah Moderasi ini adalah langkah nyata kampanye keberagaman tanpa memandang baju masing-masing dalam bingkai kebhinnekaan," kata Afif.saat membuka Kemah Moderasi. 

Selama Libur Lebaran, Satlantas Polres Nganjuk Siapkan Bengkel Keliling Gratis Layani Pemudik

Sikap moderat dalam beragama, lanjut Afif, dicerminkan oleh perilaku saling mengasihi, menjaga, dan memberi antar sesama. Menurutya, program tersebut juga dapat menjadi contoh kepada generasi muda agar sadar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk.

"Generasi muda merupakan harapan dari bangsa, negara, masyarakat, dan agama,” sambung alumnus Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri ini.

Pemerintah Putuskan Idul Fitri 1445 H Rabu Besok, Ini Penjelasannya

Sementara itu, dihubungi terpisah, Kepala Seksi Kepenyuluhan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Timur Ahmad Wahid Efendy menyampaikan bahwa kegiatan Kemah Moderasi bukan sekadar upacara sermonial semata. Melainkan untuk membangun komitmen dalam menjaga dan merawat kebhinekaan.

"Moderasi beragama bukan hanya diarusutamakan secara  jargon namun diaplikasikan dalam bentuk komitmen bersama untuk menjaga Indonesia, menjaga keberagamaan, menjaga NKRI, Pancasila dan UUD 1945," terang Wahid.

Halaman Selanjutnya
img_title