Terusir, Penghuni Rusunawa Gunungsari Wadul DPRD Jatim

Warga Rusunawa Gunungsari Surabaya wadul DPRD Jatim.
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Sejumlah warga penghuni Rusunawa Gunungsari mendatangi kantor DPRD Jatim di Jalan Indrapura Surabaya, Senin, 20 Mei 2024. Mereka wadul setelah dieksekusi Satpol PP Pemprov Jatim dengan alasan menunggak uang sewa.  

Kholiq Anggota DPRD Jatim Wafat, Fraksi PKB: Meninggal dalam Tugas Pengabdian

Komisi D DPRD Jatim membuka ruang kepada mereka untuk berdiskusi. Dengar pendapat pun digelar. Ketua Komisi D DPRD Jatim Agung Mulyono mengatakan bahwa permasalahan warga Rusunawa Gunungsari harus segera diselesaikan. “Jangan sampai berlarut-larut,” ujarnya. 

Dalam pertemuan itu, politikus asal Banyuwangi itu diketahui bahwa warga yang tereksekusi akan segera membayar uang sewa yang tertunggak dan masalah lainnya yang jadi musabab perselisihan antara warga dengan OPD terkait. 

PAD Jatim di 2023 Memburuk, Butuh Kepemimpinan yang Progresif

"Kalau ada tunggakan pembayaran sewa warga terdampak mengaku segera melunasinya. Pokoknya semua sepakat untuk menyelesaikannya dalam waktu dua bulan, " ujar Agung. 

Anggota Komisi D DPRD Jatim lainnya, Khofidah, mengatakan, untuk menghindari permasalahan lain muncul di kemudian hari, dia berharap Dinas Cipta Karya Pemprov Jawa Timur agar sesering mungkin melakukan sosialisasi kepada warga. 

Memasuki Kemarau, Wisatawan Diminta Tak Memicu Kebakaran

"Saya tidak menyalahkan semuanya. Warga juga punya kewajiban untuk membayar sewa dan harus dilakukan. Begitu juga pihak Pemprov juga harus melakukan sosialisasi agar tak terjadi salah paham satu sama lain. Duduk bareng untuk menyelesaikan permasalahan ini," terang politikus PKB itu. 

Diketahui, sekitar 40 kepala keluarga penghuni Rusunawa Gunungsari diusir keluar dari hunian mereka. Eksekusi terjadi pada Kamis 16 Mei lalu. Pengosongan rusun tersebut sempat diwarnai kericuhan lantaran warga bertahan menolak kedatangan petugas Satpol PP. 

Halaman Selanjutnya
img_title