Ciri Pemimpin yang Disebut Jokowi, Sarmuji: Jangan 'GR', Itu Airlangga

M Sarmuji, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Presiden Joko Widodo menyebut bahwa ciri-ciri pemimpin ideal yang memikirkan rakyatnya adalah mereka yang memiliki kerutan di wajah dan berambut putih.

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

Pernyataan tersebut dilontarkan Jokowi saat menggelar pertemuan dengan Relawan Gerakan Nusantara Bersatu, di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu 26 November 2022. 

Menyikapi pernyataan Presiden Jokowi itu, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, M Sarmuji berharap agar semua pihak tidak ‘GR’ atau merasa bahwa ciri-ciri tersebut ada di calon pemimpin yang diunggulkan.

Soal Cawe-cawe Presiden Jokowi di Pilpres 2024, MK Tak Temukan Bukti

Menurutnya justru semua pihak harus tahu terhadap substansi yang dikatakan Jokowi terkait tanda-tanda sosok pemimpin yang baik

"Subtansinya yang disampaikan Pak Jokowi adalah cari pemimpin yang memikirkan rakyat, sudah. Bahwa kemudian ada contohnya yang dahinya berkerut, terus rambut putih itu sekedar contoh saja, contoh kalau ada pemimpin yang seperti yang itu," kata Sarmuji dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Senin 28 November 2022.

Imbas Konflik Iran-Israel, Jokowi bakal Gelar Rapat Hari Ini Bahas Geopolitik Dunia

Sarmuji menambahkan bahwa substansi dari pemimpin baik sebagaimana yang dimaksudkan Presiden Jokowi adalah mereka yang mau turun ke bawah, mau merasakan denyut nadi kehidupan rakyat dan mau serius memikirkan rakyat. 

Sedangkan ciri-ciri pemimpin yang berambut putih, menurut Sarmuji tidak semuanya memiliki kepedulian yang kuat apalagi kepada rakyat. Bahkan banyak yang hanya memikirkan diri dan perutnya sendiri. 

Halaman Selanjutnya
img_title