Survei ARCI, Elektabilitas Fandi Utomo Masuk 5 Besar di Pilkada Sidoarjo 2024

Direktur ARCI Baihaki Sirajt
Sumber :
  • VIVA Jatim/Abdul Hady JM

Sidoarjo, VIVA Jatim – Lembaga Survei Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru untuk sejumlah figur yang berpotensi maju di Pilkada Sidoarjo 2024. H Subandi dan Fandi Utomo muncul dalam lima besar Bakal Calon Bupati Sidoarjo 2024.

DPRD dan Polda Jatim Bersinergi Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt mengatakan, survei dilakukan dengan kuisioner secara tertutup diajukan beberapa nama. Hsilnya elektabilitas H Subandi 42,4%, Amir Aslikhin 25,8%, Usman 10,5%, Fandi Utomo 4,8%, dan Sholeh 4,1%, serta menjawab tidak tahu 8,7%.

"Analisa kami Pilkada Sidoarjo ini masih sangat dinamis, sebab tidak ada elektabilitas calon yang di atas 50%. Sehingga kehadiran figur-figur baru seperti Pak Fandi Utomo kalau bergerak melakukan kerja-kerja politik pasti naik juga elektabilitasnya," kata Baihaki saat merilis hasil survei di Sidoarjo, Jumat, 7 Juni 2024.

Maryoto Resmi Dapat Rekom, DPD NasDem Tulungagung: Masyarakat Masih Membutuhkan Beliau

Menurut Baihaki, penentuan calon wakil sangat menentukan tingkat elektabilitas dan kemenangan dari setiap pasangan calon di Pilkada serentak 2024.

"Makanya pentingnya juga untuk memperhatikan figur calon wakilnya agar bisa mendongkrak elektabilitas," tegasnya.

PAN Jatim Sebut Rekomendasi ke Khofifah-Emil Bisa Batal sebelum Daftar KPU

Dalam survei tersebut ARCI juga melakukan simulasi dengan tiga pasangan calon. Hasilnya elektabilitas pasangan Subandi-Mimik Indayana 43,6%, Amir Aslikhin-Zainal Abidin 30,4%, dan Fandi Utomo-Tri Susilowati 7,5%, serta menjawab tidak tahu masih 18,5 %. 

Survei ARCI ini dilakukan dalam rentang waktu 25 Mei-1 Juni 2024 dengan metode stratified multistage random sampling. Total 1.200 responden dengan tingkat margin of error di angka 2,8% dan tingkat kepercayaan di angka 95%.