Pemkot Surabaya Sewa Puluhan Mobil Listrik, Biayanya Diklaim Lebih Murah

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim -  Pemerintah Kota Surabaya berencana menyewa puluhan mobil listrik untuk menggantikan kendaraan dinas jenis konvensional. Untuk keperluan itu, pemkot menyiapkan anggaran sekitar Rp6 miliar untuk 70 unit mobil listrik dengan masa sewa 5 tahun.

Berikut Susunan Persik Kediri vs PSB Biak Lanjutan Liga 1 2024/2025

"Insya Allah 70 unit. Anggarannya Rp6 miliaran," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu, 19 Juni 2024.

Dia menjelaskan, masa sewa puluhan mobil listrik itu untuk lima tahun. Rencananya, mobil listrik tersebut nantinya akan dipakai sebagai kendaraan dinas untuk kepala dinas dan camat se Kota Surabaya. Eri tak menjelaskan siapa atau perusahaan apa yang akan ditunjuk sebagai penyedia mobil listrik sewa tersebut.

Kata Pemerhati Anak soal Aspek Hukum Kasus Asusila Guru dan Siswa di Gorontalo

Yang jelas, politikus PDIP itu mengklaim bahwa pengadaan mobil listrik dengan sistem sewa lebih murah dibandingkan membeli baru. Eri menerangkan, sistem sewa itu dipilih lantaran anggaran yang dikeluarkan pihaknya relatif lebih efisien.

“Kalau kita itu punya, beli mobil terus kita lakukan perawatan sendiri, itu lebih mahal,” ucapnya.

Sukses Periode Pertama, Relawan P2K Optimis Menangkan Dhito-Dewi

Selain menghemat anggaran, Eri mengatakan menyewa mobil listrik dipilih untuk mendukung kelestarian lingkungan di Kota Surabaya. Selain itu, juga untuk memberikan contoh kepada masyarakat untuk bersama-sama beralih menggunakan kendaraan bermotor listrik.

Sebelum melakukan konversi kendaraan dinas konvensional ke kendaraan bermotor listrik, pemkot bersama PLN akan menyiapkan infrastruktur Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya
img_title