Akhir Juli PDIP bakal Umumkan Penantang Khofifah di Pilgub Jatim

Bincang politik Mencari Penantang Khofifah-Emil di Surabaya.
Sumber :
  • Dokumen Pokja Grahadi

Surabaya, VIVA Jatim – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan akan mengumumkan figur yang akan diusung pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur pada akhir Juli ini. Tapi soal siapa yang akan diusung untuk menjadi penantang pasangan calon petahana Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak (Khofifah-Emil), partai berlambang kepala banteng moncong putih itu belum membeberkan.

Ribuan Mie Instan 1 Truk Terbakar di Dander Bojonegoro, Sopir dan Kernet Selamat

“Tunggu akhir Juli,” kata Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno dalam acara Bincang Politik Pilgub Jatim 2024 bertema Mencari Penantang Khofifah-Emil yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Wartawan Grahadi di Hotel Kampi Surabaya, Rabu, 10 Juli 2024.

Dia ogah menjelaskan secara rinci nama-nama yang tengah dijaring PDIP untuk diusung di Pilkada Jatim. Untari menyebut banyak kader potensial di PDIP yang layak maju di Pilgub Jatim 2024

Pengendara CBR Tewas Usai Tabrak Pohon di Jalan Stasiun Gubeng Surabaya

Tidak hanya Tri Rismaharini atau Risma yang belakangan ini santer bakal diusung PDIP, tapi banyak kader lainnya yang juga layak diusung. “Ada Mbak Krisdayanti, atau juga ada Pak Basarah," ucap Untari.

Memang, lanjut Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim itu, nama Risma adalah kader PDIP yang paling santer mencuat di bursa calon Pilgub Jatim. Bila mengacu pada hasil survei tahun 2018, elektabilitas Menteri Sosial itu tinggi. Cuma, waktu itu Risma belum direkomendasi maju di Pilgub Jatim karena mau melanjutkan sebagai Wali Kota Surabaya.

73 Remaja Diamankan saat Konvoi Pengesahan Anggota Perguruan Silat di Mojokerto

Saat ini, nama Risma kembali mencuat dan dikaitkan dengan sosok mantan Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar yang digadang-gadang bakal diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Apalagi, belakangan kabar berkembang PKB menjalin komunikasi dengan PDIP untuk berkoalisi melawan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024.

Menurut Untari, terlepas dari dinamika yang tengah berjalan, seluruh kader PDIP tetap menunggu dan taat pada keputusan yang akan diambil oleh DPP PDIP soal Pilgub Jatim. Kata dia, soal siapa yang akan diusung secara mutlak berada di tangan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Halaman Selanjutnya
img_title