Geger Bayi Berusia 3 Hari Dibuang OTK di Teras Rumah Warga di Tuban

Ibu-ibu di Tuban mengerumuni bayi yang dibuang OTK.
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Tuban, VIVA Jatim – Sesosok bayi laki-laki ditemukan tergeletak di teras rumah warga di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, pada Rabu 10 Juli 2024. Kepolisian Resor Tuban turun tangan, melakukan penyelidikan dan mencari pembuang bayi tak berdosa itu.

Presiden Jokowi sudah Teken Surat Mundur Mensos Risma

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tuban Ajun Komisaris Polisi Rianto mengungkapkan, bayi itu pertama kali ditemukan oleh Lastinok, pemilik rumah lokasi bayi tersebut dibuang, pada Rabu dini hari sekitar pukul 00.30 WIB.

Saat itu, lanjut Rianto, Lastinok sedang berada di dalam rumah. Tak lama kemudian, ia mendengar suara tangisan bayi di depan rumahnya. Setelah dilakukan pengecekan, Lastinok mendapati bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut tergeletak di teras rumah. 

Jokowi Resmikan RS Vertikal Surabaya: Jangan Berobat ke Luar Negeri

Oleh Lastinok, bayi tersebut kemudian dibawa masuk ke dalam rumah. "Bayi tersebut saat di temukan dalam kondisi di selimuti jarik motif batik warna coklat ,setelah itu saksi Lastinok memberitahu saudara Budi petugas puskesmas Semanding," kata Rianto.

Bayi tersebut kemudian dibawa ke bidan desa setempat. Menurut keterangan bidan, bayi tersebut diperkirakan lahir sekitar 2 sampai 3 hari. setelah diperiksa kondisi kesehatanya, kasus bayi yang sengaja dibuang tersebut dilaporkan ke Polsek Semanding.

Jokowi Sebut Kematian akibat Stroke dan Serangan Jantung di Jatim Tertinggi Ketiga di Indonesia

Rianto mengatakan, setelah menerima laporan, polisi melakukan pengejaran terhadap pelaku yang sudah tega membuang bayi itu.

"Setelah menerima laporan, polisi kemudian mendatangi lokasi kejadian dan memeriksa sejumlah saksi serta melakukan penyelidikan lebih lanjut. Untuk pelaku pembuangan bayi masih dikejar," pungkas Rianto.