Inovatif, Rutan Kelas IIB Trenggalek Terapkan 'Gerden of Integrations'

Suasana Rutan Kelas II B Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Trenggalek membuat inovasi untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yakni kegiatan 'Garden of Integrations'. Tak hanya itu, pihaknya juga menegaskan deklarasi 'No Pungli No Gratifikasi', hingga Program Khusus 'Ijo Morning' yang merupakan ajang silaturrahmi petugas dengan warga binaan sembari makan bersama sebagai gizi tambahan.

Kenal Lebih Dekat dengan Gus Fauzi Trenggalek, Punya Bakat Vokalis Rock hingga Hobi Trail

Kepala Rutan Kelas IIB, I Kadek Dedy Wirawan Arintama memaparkan, bahwa 'Garden of Integrations' adalah suatu program integrasi dimana WBP nantinya diharapkan bisa mengetahui perihal apa saja yang menjadi syarat kelengkapan berkas pengusulan Program Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB).

"Lalu bisa tau kapan ia bisa mengusulkan masa expirasi dan siapa-siapa saja yang sudah mengusulkan," katanya saat dikonfirmasi Viva Jatim, Senin 5 Desember 2022.

Bursa Cawabub Trenggalek, Gembong: Saya Fokus ke Pemilu

Garden Of Integrations juga merupakan program dari Rutan Kelas II B agar WBP mengetahui kapan 2/3 dari masa tahanan. Sehingga informasi tersebut dapat diketahui masing-masing individu.

Menurutnya, mekanisme yang bakal diterapkan yaitu komunikasi dua arah antara warga binaan dan petugas. Untuk program yang satu ini, pihak petugas melakukan jemput bola ke warga binaan. Tidak lagi bertempat di kantor guna mempermudah pelayanan. 

Seribu Liter Air Padamkan Kebakaran Setengah Hektare Hutan di Trenggalek

"Kami sudah buatkan jadwal terkait program tersebut, yaitu Hari Senin dan Rabu. Sudah kita jadwal supaya semua tersusun dengan sistematis dan mendapatkan pelayanan yang sama," ungkapnya.

Pria yang pernah menjabat Kepala Bapas Kelas II Karangasem Pulau Dewata ini menegaskan kepada jajarannya untuk berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan serta memberikan hak-hak WBP dengan baik tanpa menungut biaya. Hal tersebut sesuai dengan semboyan Rutan Trenggalek, yaitu 'No Pungli No Gratifikasi'.

Halaman Selanjutnya
img_title