Lagi, Jemaah Haji Asal Trenggalek Meninggal di Tanah Suci

Jemaah Haji Indonesia menjelang wukuf
Sumber :
  • Viva.co.id

Mekah, VIVA Jatim – Kabar duka kembali datang dari Tanah Suci, Mekah, Arab Saudi. Seorang jemaah haji asal Desa Krandegan, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek, bernama Imam Muhtar meninggal dunia saat berada di Mina, Mekah.

KPU Jatim: Minggu Lusa Penetapan Nama Paslon Pilgub 2024

Pembimbing di KBIHU Jabal Noor, Mochamad Fajar Mustofa, mengatakan, Almarhum mengembuskan napas terakhir dalam perjalanan dari Mina menuju rumah sakit pada Senin, 17 Juni 2024. Saat itu, jemaah haji Kloter 59 itu mengambil wudu di area tenda Mina menjelang Magrib.

"[Almarhum] Meninggal dunia saat perjalanan dari tenda Mina Maktab 70 menuju RS An-Noor," ujar Mochamad Fajar Mustofa, Selasa, 18 Juni 2024.

Bakar Jerami di Sawah, Kakek di Lamongan Tewas Terbakar

Setelah berwudu, Almarhum mengeluhkan kesehatannya. "Yang bersangkutan memiliki riwayat dari tim kesehatan kloter mempunyai penyakit serangan jantung," paparnya.

Fajar menambahkan, untuk proses pemakaman Almarhum dikebumikan di Pemakaman Al-Sharaya Mekah Blok 11 Kober 741. Sebelum itu, Almarhum disalatkan oleh pihak setempat di Masjidil Haram.

Diduga Selingkuh, Dua Sekdes di Mojokerto Dilaporkan ke Inspektorat

Sementara itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Trenggalek, Agus Prayitno mengungkapkan bahwa kondisi di Mina saat puncak haji overload. Kebetulan, tidak sedikit jemaah ke Jamarot langsung ada yang Tawaf ifadah. Sehingga banyak jemaah haji kepayahan.

"Kemarin yang trouble setelah jumrah aqabah lalu tawaf ifadah memaksakan diri para jemaah. Padahal jemaah sendiri itu belum tahu medan, jaraknya antara jamarat ke Mekkah itu jauh," ulas Agus.

Halaman Selanjutnya
img_title