Urai Masalah Sampah di Banyuwangi, Makmulah: Harus Dimulai dari Hulu

Anggota DPRD Jawa Timur, Makmulah Harun
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi PKB Makmulah Harun prihatin dengan penanganan sampah di Kabupaten Banyuwangi yang hingga saat ini masih belum menemukan titik temu. 

Bersama Komunitas Pemuda Peduli Dhuafa, Politisi PKB Gresik Ini Ajak Warga Berbagi

Akibat ketidakjelasan pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA), banyak pos-pos sampah yang mengalami penumpukan. 

"Pos pos sampah mengerikan tumpukannya, baik di tingkat RT dilokasi tertuntu," kata Makmulah kepada Viva Jatim, Selasa, 6 Desember 2022.

Waketum PKB Lepas 25 Bus Mudik Perubahan Gratis ke Sejumlah Daerah

Ia katakan, sebetulnya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dikabarkan sudah memberikan alternatif. Namun hingga kini masih belum jelas keberadaannya. Oleh karena itu, permasalah sampah masih menjadi problem yang kompleks.

“Saya sebagai masyarakat Banyuwangi turut prihatin terkait permasalahan sampah dan tentunya ini menjadi tangung jawab kita semua untuk memberikan solusi permasalahan yang terjadi,” katanya. 

Lakukan Penjaringan, PKB Jatim Prioritaskan Kader untuk Bertarung di Pilkada 2024

Politisi asal Banyuwangi ini mencoba menggali permasalahan sampah di lingkungannya. Ia mengusulkan, problem ini sebetulnya dapat dipecahkan jika dilakukan dari hulu ke hilir perihal produksi sampah.  

Kebanyakan produksi sampah dihasilkan dari limbah rumah tangga, dimana limbah itu tidak melulu harus dibuang menjadi sampah, namun dapat dimanfaatkan dan dikelola kembali. 

Halaman Selanjutnya
img_title