HCML-SKK Migas Kolaborasi dengan Media, Kunci Keberhasilan Operasi Hulu

Loka Karya industri migas oleh HCML-SKK Migas.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Komunikasi yang baik menjadi kunci untuk mewujudkan target industri hulu migas. Komunikasi yang baik menjadi sangat menentukan dalam menyampaikan pesan atau informasi seputar industri hulu migas bagi daerah seperti Dana Bagi Hasil Migas, PBB Migas, pajak daerah, dan retribusi daerah.

Perbedaan 3 Srikandi Cagub Jatim menurut Kiai Marzuki, Ada Keturunan Darah Biru

Karena itu, peran media sangat penting dalam konteks itu. Itu sebabnya pula HCML-SKK Migas terus berupaya menjalin hubungan sinergis dengan media. Di antaranya dengan kegiatan-kegiatan yang menambah wawasan tentang industri migas agar pesan yang tersampaikan ke masyarakat diterima secara komprehensif.

Salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan ialah Loka Karya Media SKK Migas-KKKS di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Diikuti 32 jurnalis dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, hadir sebagai pembicara di antaranya pengamat migas dari Universitas Pertamina, Rinto A. Pudyantoro.

Rumah di Mojokerto Ludes Terbakar, Satu Orang Terluka

Dia mengatakan, komunikasi yang baik adalah kunci kesuksesan industri migas.

"Komunikasi yang belum tersampaikan dengan baik, menjadikan daerah-daerah penghasil migas memiliki pengetahuan, pemahaman atau persepsi yang terlalu sederhana mengenai bagi hasil," ungkapnya dalam keterangan diterima pada Minggu, 4 Agustus 2024.

Khofifah Kagumi Komitmen PKS di Pilgub Jatim 2024: Luar Biasa

Peran bisnis hulu migas yang menghasilkan APBN dan APBD, mendorong efek multiplier ekonomi daerah dan nasional. Itu juga perlu dijelaskan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan konflik.

Daerah penghasil migas, papar Rinto, tentu mendapat bagi hasil dengan porsi lebih besar. Daerah non penghasil tetap dapat meski dengan porsi yang lebih kecil.

Halaman Selanjutnya
img_title