Sispamkota Polres Mojokerto Kota Diwarnai Skenario Aksi Demo

Simulasi aksi demo di depan KPU Kota Mojokerto
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Mojokerto, VIVA JatimAksi anarkis terjadi di kantor KPU Kota Mojokerto. Massa yang tak puas melakukan perlawanan dan melakukan aksi demo

ASN Deklarasi Netralitas di Pilkada Trenggalek 2024

Aksi tersebut merupakan gambaran simulasi Sistim Pengamanan Kota (Sispamkota) Simulasi. Sispamkota ini digelar lapangan Polres Mojokerto Kota pada Jumat, 16 Agustus 2024. 

Simulasi dilaksanakan seiring jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Kampanye di Lingkungan Kampus, PMII Jatim Siap Fasilitasi Ciptakan Demokrasi Cerdas

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel S. Marunduri Melibatkan para personel TNI-Polri, Satpol PP serta Bawaslu, simulasi ini memperlihatkan pola pengamanan dalam setiap tahapan pelaksanaan pilkada. Mulai dari tahapan normal, kampanye, pemungutan suara, hitung suara, sampai penetapan dan kembali normal.

“ini dilaksanakan guna memantapkan kesiapsiagaan personel, perlengkapan dan peralatan dalam mengamankan seluruh tahap pilkada sehingga semua personel semakin matang dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkada 2024,” katanya.

Sispamkota sendiri merupakan bagian dari Operasi Mantap Praja Semeru 2024. Operasi tersebut bertujuan untuk mengamankan seluruh tahapan pilkada dengan mengedepankan preemtif dan preventif yang didukung dengan penegakan hukum.

Operasi tersebut akan berlangsung selama 135 hari, mulai 19 Agustus hingga 31 Desember 2024. Ribuan personel Polres, TNI, Dishub dan Satpol PP akan dilibatkan untuk melakukan pengamanan.