Misteri Sikap PKB setelah PDIP bakal Usung Risma Lawan Khofifah di Pilgub Jatim

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Ketua DPP PDIP M Said Abdullah sudah menyatakan bahwa partainya dipastikan akan mengusung Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Apakah dengan demikian PDIP akan mengusung calon sendiri, atau tetap akan berkoalisi dengan PKB?

Paripurna Perdana DPRD Jatim Bahas Tata Tertib Periode 2024-2029

“Kalau [Pilgub] Jawa Timur [PDIP tunjuk] Risma, Insya Allah confirmed,” kata Ketua DPD PDIP Jatim M Said Abdullah kepada wartawan di Jakarta dikutip dari VIVA, Selasa, 27 Agustus 2024.

Said masih merahasiakan siapa bakal calon wakil gubernu (cawagub) yang dipasangkan dengan Risma. Politikus asal Sumenep, Madura, itu berdalih bahwa figur cawagub masih digodok. “Wakilnya masih dalam proses pembicaraan untuk sampai pada tahap menjadi cawagub mendampingi Mbak Risma,” tandas Said.

Temui Kader PDIP di Lamongan, Risma Pamer Keberhasilan Bangun Surabaya

Ketua DPD PDIP Jatim itu tidak menjelaskan apakah di Pilgub Jatim akan memberangkatkan paslon sendiri, atau berkoalisi dengan PKB yang sampai saat ini juga belum menentukan sikap untuk Pilkada Jatim.

Namun sebelumnya, Sekretaris PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno mengatakan bahwa setelah memastikan tidak akan mendukung paslon Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak (Khofifah-Emil), Partai Banteng memiliki dua opsi di Pilgub Jatim: berangkat sendiri atau berkoalisi dengan PKB.

DPRD Jatim akan Segera Sahkan APBD 2025 pada 10 November Mendatang

“Kami masih mengupayakan untuk dapat berjalan bersama dengan PKB,” kata Sri Untari pada Senin, 26 Agustus 2024.

Sementara, sikap PKB sampai saat ini masih jadi misteri. Padahal, waktu pendaftaran sudah tinggal dua hari lagi. VIVA Jatim coba meminta tanggapan soal sikap PKB setelah PDIP Jatim memastikan akan mengusung Risma di Pilgub Jatim, namun belum mendapatkan respons.

Halaman Selanjutnya
img_title