Pemprov Jatim Gencarkan Gerakan Sejuta Pohon di Proklim Trenggalek

Penanaman pohon oleh Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Pemerintah Provinsi Jawa Timur gencarkan gerakan menanam sejuta pohon di Desa Sukorejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek. Lokasi tersebut merupakan kawasan Pro Kampung Iklim (Proklim) tingkat Nasional atau tingkat utama. Sabtu, 10 Desember 2022.

FL2SN Trenggalek 2024 Resmi Dibuka, Mas Syah: Upaya Cari Bibit Berprestasi

Pemilihan lokasi tersebut karena merupakan area rawan longsor. Sehingga perlu dimitigasi dengan program reboisasi. Selain itu di Proklim Trenggalek ini terdapat sumber mata air yang selama ini dimanfaatkan untuk menopang kebutuhan air bersih masyarakat sekitar.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa menanam pohon bukanlah pekerjaan yang remeh. Sebab meski menanam pohonnya di Trenggalek, namun oksigen yang dihasilkan bisa disedekahkan ke seluruh dunia.

Momen Banser di Trenggalek Periksa Kesehatan Puluhan Emak-emak

"Saya selalu mengajak nandur, karena setiap kita nandur kita sedang sedekah oksigen. 2060 itu bukan zero emisi, tapi net zero emisi, karena karbon dioksida keluar maka harus ada yang menyerap," ungkap Khofifah.

Mantan Menteri Sosial RI ini menuturkan, memilih menanam mangrove karena pohon tersebut bisa 5 kali lipat memproduksi oksigen. Hari ini sudah menanam mangrove, lalu juga alpukat aligator dan seterusnya tidak hanya pada hari besar lingkungan hidup.

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

"Selagi ada kesempatan, menanamlah! Itu saya lakukan puluhan tahun lalu. Menanam dan merawat insyaallah sedekah, bukan hanya oksigen, tapi kalau kita tanam buah," paparnya.

Gubernur Khofifah mengungkapkan dengan menanam, manfaat selanjutnya yang akan dirasakan adalah bisa mendatangkan dan menambah income bagi warga sekitar. Ketika alam yang dimiliki sehat, tentu akan banyak anak muda tertarik untuk healing.

Halaman Selanjutnya
img_title