Kronologi Pembekuan BEM Fisip Unair Usai Kritik Pelantikan Prabowo-Gibran Lewat Karangan Bunga

Karangan bunga satire milik BEM Fisip Unair
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Langkah Dekanat membekukan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (BEM FISIP Unair) Surabaya menuai sorotan publik.

Retreat Kabinet di Akmil Magelang Pakai Uang Pribadi Presiden Prabowo

Kebijakan Dekanat itu diberlakukan setelah BEM Fisip Unair mengkritik pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka lewat karangan bunga yang diletakkan di Taman Barat FISIP Unair pada Selasa, 22 Oktober 2024. Kemudian diunggah di media sosial hingga menjadi viral.

Karangan bunga berlatar warna hitam kombinasi merah tersebut terdapat foto Prabowo dan Gibran, disertai ucapan selamat atas pelantikannya sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Viral, MV3 Garuda Presiden Masuk Bengkel meski Baru Dipakai

Selain itu, pembuatnya juga memasang tulisan satire berisi kritikan kepada Prabowo-Gibran. "Selamat, atas pelantikan jendral bengis pelanggar HAM dan profesor IPK 2,3 sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang lahir dari rahim haram konstruksi. Dari Mulyono (bajingan penghancur demokrasi)," begitu bunyinya.

Presiden BEM Fisip Unair Tuffahati Ullayyah Bachtiar menyampaikan, media ucapan selamat bernada satire itu dibuat sebagai bentuk ungkapan ekspresi kekecewaan atas rentetan peristiwa yang terjadi selama Pemilu 2024.

Kabinet Merah Putih Ingin Kerja Cepat Usai Retreat di Akmil Magelang

"Karangan bunga tersebut adalah karya seni satire yang bertujuan untuk mengungkapkan ekspresi kekecewaan atas rentetan fenomena yang terjadi selama pemilu 2024," ujarnya kala itu.

Selang dua hari setelah peletakan karangan bunga atau Kamis, 24 Oktober 2024, pukul 22.25 WIB, BEM FISIP Unair menerima surat elektronik atau email dari Ketua Komisi Etik Fakultas. Surat itu berisi permohonan klarifikasi kepemilikan karangan bunga.

Halaman Selanjutnya
img_title