Khofifah Minta Otoritas Pelabuhan Tingkatkan Koordinasi dengan BMKG Jelang Nataru 2022

Gubernur Khofifah meninjau Pelabuhan Tanjung Perak
Sumber :
  • Istimewa

JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jawa Timur Irjen Toni Harmanto serta Komandan Korem 084/Bhaskara Jaya Brigjen TNI Terry Tresna Purnama meninjau kesiapan sejumlah titik yang akan menjadi pintu masuk bagi masyarakat saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sejumlah titik tersebut ialah Pelabuhan Tanjung Perak, Bandara Juanda, dan Terminal Purabaya menjelang Nataru 2022 .

Sesar Muria Diduga Jadi Sebab Gempa Bumi Tuban, Apa Itu?

Peninjauan ini dilakukan bertujuan untuk memastikan kesiapan moda transportasi laut, udara dan darat di ketiga tempat tersebut dalam menghadapi Nataru.

Gubernur Khofifah meminta agar pihak terkait, dalam hal ini Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, untuk meningkatkan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kaitannya dengan update kondisi cuaca atau tinggi gelombang.

Pastikan Penanganan Berjalan Baik, Pj Gubernur Jatim: Kebutuhan Korban Gempa Bawean Segera Tiba

Berdasarkan informasi dari BMKG, pada tanggal 23-25 Desember 2022 diperkirakan ada peningkatan gelombang antara 2,5 - 4 meter. Terutama di daerah Masalembo, Bawean, Sapudi dan Kangean. Sehingga kemungkinan ada penundaan keberangkatan kapal laut ke beberapa daerah tujuan.

“Mohon untuk terus berkoordinasi dengan BMKG terkait cuaca terutama gelombang tinggi. Kewaspadaan ini terus dilakukan untuk memastikan keselamatan dan keamanan dalam proses pelayaran, para penumpang ini selamat dan lancar sampai tujuan,” katanya. 

Beri Trauma Healing, Bupati Gresik Datang ke Bawean Sapa Warga Terdampak Gempa

Untuk itu, Khofifah juga meminta kepada penumpang moda transportasi laut untuk dapat bersabar apabila jadwal keberangkatan kapalnya mengalami keterlambatan dikarenakan faktor cuaca.

“Mohon kepada para penumpang untuk dapat bersabar apabila keberangkatan kapal ditunda karena faktor cuaca. Ini semua dilakukan agar perjalanan lancar dan penumpang sampai ke tujuan dengan selamat dan bertemu keluarga,” katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title