Cuaca Buruk Melandai, Kapal Tujuan Kepulauan di Sumenep Berlayar Hari Ini 

Suasana kapal di Pelabuhan Kalianget, Sumenep
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Cuaca buruk yang menimpa wilayah Kabupaten Sumenep membuat aktivitas pelayaran lumpuh selama kurang lebih dua pekan. Namun, kini cuaca buruk itu mulai melandai dan dua kapal tujuan Kepulauan Kangean dan Sapeken dijadualkan berangkat hari ini, Jumat, 6 Januari 2023. 

Cuaca Buruk, 2 Kapal Nelayan Lamongan Hilang Kontak saat Melaut

KM Dharma Bahari Sumekar III akan berangkat menuju Pulau Kangean dan Sapeken, serta Satya Kencana tujuan Pulau Sapudi akan bertolak ke pelabuhan Jangkar. Dua kapal tersebut bakal mulai beroperasi dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep. 

Dilansir dari berbagai sumber, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget Taufiqur Rahman mengatakan, bahwa pada hari ini, Jumat, 6 Januari 2023 tinggi gelombang diperkirakan melandai di kisaran 2 meter. Oleh sebab itu pelayaran menuju kepulauan Sumenep akan dioperasikan. 

Gapasdap Gandeng Kemenhub dan KNKT Bahas SOP Pengangkutan Kendaraan Listrik di Surabaya

“Sehingga untuk kapal-kapal di atas GT 1000 sudah aman untuk melakukan pelayaran ke kepulauan-kepulauan terdekat,” kata Taufiqur Rahman, Kamis, 5 Januari 2022. 

Penundaan pelayaran selama kurang lebih dua pekan itu diperkirakan penumpang akan membludak. Kendati demikian pihak memastikan bahwa sudah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait di Pelabuhan Kalianget guna mengantisipasi. 

Tinjau Gudang Logistik di Gresik, Plh Gubernur Adhy Karyono Pastikan Pemilu 2024 di Jatim Lancar

Beberapa unit pick-up dan truk bermuatan barang sudah mulai memadati kapal. Hingga sejumlah penumpang yang telah sejak dua pekan lalu menunggu.