Klenteng Eng An Kiong di Malang Mulai Bersolek, Siap Menyembut Perayaan Imlek

Persiapan Imlek di Klenteng Eng An Kiong, Kota Malang
Sumber :
  • Viva Malang

JatimKlenteng Eng An Kiong yang terletak di Jalan Laksamana Martadinata kota Malang mulai bersolek untuk menyambut perayaan Imlek 2023. Sejumlah pengurus mulai memasang sekitar 300 lampion. Kemudian memoles sejumlah tempat pemasangan dupa bagi para jemaat Klenteng atau umat Konghucu.

Awas Kehabisan, Berikut 5 Tempat Berburu Takjil di Malang

Ketua Umum Yayasan Klenteng Eng An Kiong, Rudy Phan mengatakan bahwa rangkaian Imlek sudah dimulai sejak Minggu 15 Januari 2023. Mereka melakukan sembahyang Sung Sien, yakni mengantarkan para dewa menuju khayangan. Tujuannya melaporkan apa yang telah dilakukan selama setahun di bumi.

"Lalu dilanjutkan Hari Imlek pada 22 Januari 2023. Kami akan sembahyang bersama di sini, para umat datang. Hanya sembahyang saja. Pada tanggal 25 ada acara menjemput dewa yang dikirim ke langit tadi kembali ke Bumi," ujar Rudy. 

Geger Penemuan Kerangka Manusia di Kota Malang, Ini Penjelasan Polisi

Rudi mengungkapak bahwa perayaan puncak Imlek akan jatuh pada tanggal 5 Februari 2023. Sejumlah tokoh agama dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) direncanakan datang di momen ini. pengurus klenteng juga akan menyiapkan 2.500 porsi lontong Cap Go Meh.

Nanti kita undang FKUB. Untuk Cap Go Meh jumlahnya separuh dari tahun-tahun sebelumnya. Sebelum pandemi, kami bisa menyediakan sampai 5 ribu porsi," tutur Rudy. 

5 Rekomendasi Bakso Enak di Malang, Tempat Makan Favorit saat Liburan

Untuk pertama kalinya sejak pandemi COVID-19 melanda dunia selama 3 tahun mereka tidak membatasi pengunjung pada perayaan Imlek Minggu, 22 Januari 2023 mendatang. 

Rudy Phan mengatakan, bahwa kebijakan ini dikeluarkan untuk pertama kalinya sejak pandemi. Saat pandemi 2020-2022 perayaan imlek hanya diikuti terbatas 40 orang saja. 

Halaman Selanjutnya
img_title