DPRD Jatim Minta Eksplorasi Gunung di Jember Pertimbangkan Kesejahteraan Masyarakat

Satib, Anggota DPRD Jawa Timur
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Pengelolaan eksplorasi Gunung Sadeng Jember menyita perhatian kalangan publik. Pasalnya, disinyalir para pengusaha nasional hingga lokal berebut untuk bisa melakukan pengelolaan pertambangan kapur gunung Sadeng tersebut. 

Hadiri Rakornas PB 2024, Pj Gubernur Jatim Ajak Tingkatkan Inovasi Teknologi Tanggulangi Bencana

Anggota DPRD Jawa Timur Satib meminta agar ekplorasi gunung untuk pengelolaan tambang kapur tersebut mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat setempat. Karena itu perlu duduk bersama antara Pemprov, Pemkab, pengusaha nasional dan lokal. 

"Duduk bersama bagaimana baiknya agar bisa mendatangkan kesejahteraan masyarakat setempat," ungkap politisi Partai Gerindra ini, Kamis 19 Januari 2023. 

3 Langkah Strategis Bank UMKM Jatim Hadapi Tantangan Bisnis Perbankan

Satib menjelaskan bahwa saat ini izin eksplorasi sudah dikelola Pemprov, sehingga Dinas ESDM Jawa Timur harusnya memfasilitasi penyelesaian eksplorasi gunung Sadeng tersebut.

"Provinsi perlu turun langsung untuk menyelesaikannya. warga sekitar resah hingga menggelar aksi penolakan dan pemblokiran jalan,"terangnya. 

Peringati Hari Konsumen, PT DLU Bagi-bagi Souvenir ke Penumpang KM Dharma Kartika 2

Selama ini, lanjut Satib, warga minta agar Pemkab Jember, dalam hal ini Bupati, segera menyetujui pengajuan permohonan lahan khusus untuk dikelola warga setempat. Sehingga warga tetap bisa menjalankan penambangan secara tradisional di Gunung Sadeng, Puger.

"Warga sudah satu tahun lalu mengajukannya dan bupati lamban meresponnya," katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title