Jelang imlek, Young Buddhist Association of Indonesia Himbau Tidak Melupakan Jasa Gus Dur

Young Buddhist Association of Indonesia
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

JatimYoung Buddhist Association of Indonesia mengajak seluruh etnis warga Tionghoa di negeri ini untuk tidak melupakan Presiden RI ke-4, K.H. Abdurrahman Wahid atau yang biasa akrab di sapa dengan nama Gus Dur menjelang perayaan hari raya Imlek 2023.

Meriahnya Perayaan Cap Go Meh di Surabaya, 10 Ribu Makanan Ludes

Ketua Dewan Pembina Young Buddhist Association of Indonesia, Billy Lukito Joeswanto menuturkan alasan untuk mengenang jasa Gus Dur di saat perayaan Imlek 2023 ini lantaran berkat jasanya, kini perayaan Imlek dapat di rayakan dengan dengan sukacita dan tanpa ada larangan apapun.

Billy menceritakan pada masa kecilnya sebelum era reformasi, orang-orang yang merayakan Hari Raya Imlek tidak bisa melakukannya secara bebas dan terbuka, bahkan saat perayaan Imlek datang banyak orang Tionghoa yang tidak libur dan masih harus bersekolah maupun bekerja lantaran pada masa itu Hari Raya Imlek tidak termasuk dalam kalender libur nasional. 

Mengenang Jasa Gus Dur pada Perayaan Imlek Indonesia

"Karena beliau (Gus Dur) membuat kita bisa merayakan Imlek dengan sukacita dan tanpa ada larangan. Zaman dulu kita kecil sebelum reformasi, kita masih harus sekolah karena bukan tanggal merah dan tidak bisa merayakan secara khusus dengan menikmati hiasan ornamen dan budaya tionghoa seperti barongsai di muka publik," ungkapnya saat ditemui di Surabaya, Sabtu 21 Januari 2023.

Lebih lanjut Billy Lukito Joeswanto menambahkan, Gus Dur merupakan sosok pahlawan kemanusiaan bagi Young Buddhist Association of Indonesia yang berani memimpin dan hadir bagi kaum minoritas atau tertindas. Hal itu dilakukannya di saat masa hidupnya, apapun resikonya bagi dirinya dan keluarganya.

Perayaan Imlek Identik dengan Kue Keranjang, Begini Asal Usulnya

"Gus Dur sosok pahlawan kemanusiaan yang berani memimpin dan hadir bagi kaum minoritas atau tertindas apapun resikonya bagi dirinya dan keluarganya," tuturnya. 

Billy juga mengajak para pemuda di negeri ini yang merayakan Hari Imlek untuk terus mendoakan yang terbaik kepada Gus Dur dan keluarga di momen Imlek ini. Selain itu Billy juga mengajak anak muda Tionghoa dengan menshare hashtag #xiexiegusdur agar banyak para pemuda yang teringat akan sejarah siapa yang berjasa sehingga mereka bisa merayakan Imlek secara sukacita dengan berkumpul bersama keluarga dan saling berbagi angpao dan makanan khas Imlek. 

Halaman Selanjutnya
img_title