Gus Choi Datangi PBNU Siang Ini, Mau Ceritakan Awal Mula Cak Imin Jadi Ketum PKB

Politikus NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi.
Sumber :
  • VIVA.co.id

Jakarta, VIVA Jatim – Mantan politikus Partai Kebangkitan Bangsa yang kini aktif di Partai NasDem, Effendy Choirie atau Gus Choi, memastikan bakal memenuhi undangan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Rabu, 7 Agustus 2024, siang ini. Ia hadir untuk menjelaskan sejarah PKB, termasuk awal mula A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin jadi ketua umum partai tersebut. 

Mubes Alim Ulama Bakal Bentuk Presidium Daerah, Dorong Muktamar Luar Biasa NU

Gus Choi mengatakan, kehadirannya dalam rangka untuk menghormati undangan dari PBNU dan dia sendiri mengaku sebagai kader NU. “[Saya] Harus menghormati undangan PBNU, yang tanda tangan Waketum dan Wakil Sekjen PBNU, tembusan Rois Aam dan Ketum PBNU,” katanya dikutip dari VIVA

“Undangannya bukan undangan orang-per orang PBNU, tapi institusi PBNU. Karena itu saya harus hadir menghormati dan takdzim kepada PBNU," imbuh mantan anggota DPR RI dari Fraksi PKB itu.

Paripurna Perdana DPRD Jatim Bahas Tata Tertib Periode 2024-2029

Gus Choi menegaskan, dirinya akan menjawab seluruh pertanyaan yang ditanyakan PBNU. Termasuk mengenai detail sejarah Cak Imin menjadi Ketua Umum PKB.  "Insya Allah saya akan menjawab semua pertanyaan dari PBNU yang saya alami dan saya ketahui," tutur dia. 

Sebelumnya diberitakan, Panitia Khusus atau Pansus PKB bentukan PBNU akan mengundang eks politikus PKB Gus Choi. Dia akan diminta datang ke PBNU untuk menjelaskan detail sejarah Cak Imin menjadi Ketua Umum PKB. 

DPRD Jatim akan Segera Sahkan APBD 2025 pada 10 November Mendatang

Gus Choi yang kini aktif di Partai Nasdem dinilai tahu secara rinci dinamika yang terjadi saat Cak Imin menguasai PKB mengalahkan kubu KH Abdurahman Wahid (Gus Dur).

“Undangan hari ini sudah kami kirimkan ke beliau (Effendy Choirie). Semoga beliau berkenan hadir sehingga bisa memberikan tambahan data kepada kami,” kata Wakil Sekjen PBNU, Faisal Saimima dalam keterangannya, Selasa, 6 Agustus 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title