Gambaran Bikkhu Sebenarnya di Film Hakiki Disuguhkan di Vesak Festival Surabaya

Pemutaran film Hakiki di Vesak Festival Surabaya.
Sumber :
  • YBAI

Surabaya, VIVA JatimFilm Hakiki, Life as a Buddhist Monk diputar di Vesak Festival Surabaya 2024 di Tunjungan Plaza (TP) Surabaya. diproduseri langsung oleh Bhante Jayamedho Thera dengan sutradara Ivander Adyta Tjandra, film tersebut menggambarkan kehidupan Bikkhu yang sebenarnya.

Sanghadana Waisak Terbesar Se Indonesia di Vesak Festival, Donasi Terkumpul Ratusan Juta

Pemutaran film Hakiki adalah bagian dari rangkaian acara di acara Vesak Festival Surabaya 2024 yang dilaksanakan oleh Young Buddhist Association Indonesia (YBAI) dari 22 sampai 26 Mei 2024. Pemutaran film Hakiki di Vesak Festival Surabaya ini merupakan pemutaran film Hakiki perdana di Indonesia. Sebelumnya, film ini sudah pernah diputar di New Zealand.

“Kami berharap dapat menginspirasi seluruh pengunjung yang ikut menyaksikan penayangan perdana film ini," kata Produser Film Hakiki yang sekaligus Dewan Pelindung YBA Indonesia, Bhante Jayamedho Thera, dikutip VIVA Jatim pada Sabtu, 25 Mei 2024.

Saat Umat Buddha Ikuti Tradisi Pindapatta di Vesak Festival

Menurutnya, proses pembuatan film ini melalui proses yang sangat luar biasa. Diawali bikin skrip yang diperiksa oleh sejumlah Bhante, sehingga pembuatan skripnya itu tidak asal bikin karena melalui beberapa koreksi. 

"Setelah skripnya disetujui, baru setelah itu kita carikan siapa bintang filmnya. Akhirnya, ditetapkan sejumlah Bhante yang tampil dalam film tersebut,” ujarnya. 

Ada Rupang Buddha Bergerak di Vesak Festival di TP 3 Surabaya

Ia juga menjelaskan bahwa pertama kali film ini diputar di New Zealand, sehingga awalnya film ini bahasa Inggris. Lalu, di Indonesia baru pertama kali diputar di event Vesak Festival Surabaya 2024 ini. Setelah diskusi, film tersebut diberi judul Hakiki.

“Apa itu Hakiki? Dalam bahasa Arab artinya hakekat, dan dalam bahasa Inggris the real life. Semoga film ini bermanfaat bagi semuanya," katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title