Sanghadana Waisak Terbesar Se Indonesia di Vesak Festival, Donasi Terkumpul Ratusan Juta

Suasana Vesak Festival di Kota Surabaya.
Sumber :
  • Dokumen YBAI

Surabaya, VIVA Jatim – sebanyak 30 Biksu atau Bikkhu menghadiri acara Sanghadana Waisak di acara Vesak Festival yang digelar Young Buddhist Association (YBA) Indonesia Kota Surabaya dan Jakarta. Di acara tersebut, terkumpul donasi sebesar Rp323.912.458. Itu baru di Vesak Festival Surabaya dan bisa bertambah bila digabung dengan di Jakarta.

Gambaran Bikkhu Sebenarnya di Film Hakiki Disuguhkan di Vesak Festival Surabaya

Untuk diketahui, Sanghadana adalah wujud dana atau pemberian umat kepada Bhikkhu Sangha yang telah menyelesaikan masa vassa. Sanghadana di Surabaya digelar di acara Vesak Festival pada 22 sampai 26 Mei 2024. Sedangkan di Jakarta akan digelar pada 29 Mei sampai 2 Juni 2024.

Ketua Panitia Vesak Festival 2024 Anthony Orodiputro menjelaskan, Sanghadana Waisak terbesar se-Indonesia ini menjadi salah satu rangkaian acara dalam Vesak Festival. Khusus di Surabaya, Sanghadana itu sudah digelar dan antusiasme umat sangat luar biasa.

Saat Umat Buddha Ikuti Tradisi Pindapatta di Vesak Festival

Dia mengatakan, ada 21 sponsor dan 70 donatur berpartisipasi di Vesak Festival Surabaya 2024. Ada pula paket Sanghadana sebanyak 298 paket. Hasil dari Sanghadana ini akan diberikan kepada Sangha Agung Indonesia (SAGIN), Sangha Theravāda Indonesia (STI), Sangha Mahayana Indonesia (SMI), Sangha Dhammaduta Indonesia (SDDI), Sangha Theravāda Dhammayut Indonesia (STDI), dan Panditārāma Monastery.

“Jadi, Sanghadana akan diberikan kepada para Sangha itu untuk kebutuhan sehari-harinya, termasuk untuk obat-obatan dan pembangunan Vihara,” kata Anthony dalam keterangannya, Selasa, 28 Mei 2024.

Polres Gresik Jaga Keamanan dan Ketertiban Selama Hari Raya Waisak 2568

Anthony menjelaskan, para donatur berdonasi tidak hanya untuk keberlangsungan acara Waisak yang digagas oleh muda-mudi Buddhis yang kreatif dan inklusif. “Tapi semuanya bisa kenal dengan agama Buddha, berjodoh dengan menyokong kehidupan suci para Bhante,” ujarnya. 

Di samping itu, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Vesak Festival juga berkolaborasi dengan Johnny Salim Community (JSC) melakukan Community Social Responsibility (CSR) berupa donasi pakaian layak pakai, sehingga semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam donasi pakaian layak pakai di lokasi acara. 

Halaman Selanjutnya
img_title