Sebuah Terobosan Inovatif, Bupati Sumenep Gelar Kalender Wisata 2023 Berbasis Pentahelix

Pantai Gili Labak di Kabupaten Sumenep Madura
Sumber :
  • IST/Jatim Viva

Jatim – Kebijakan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, menggelar kalender event pariwisata 2023 berbasis penthalix dinilai sebagai sebuah terobosan inovatif untuk mempercepat pertumbuhan pariwisata agar dikenal di kancah nasional dan dunia. 

Begini Cara Memikat Hati Swing Voters di Pilpres 2024 Menurut Pengamat Politik

Hal itu dikatakan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam pada Senin 23 Januari 2023.

"Itu terobosan bagus dan patut diapresiasi. Berarti Pemda Sumenep sudah selangkah lebih maju, sudah bisa moveon dan  punya visi maju dalam mewirausahakan birokrasi pemuda," katanya.

Pilpres 2024 Lebih Seru dan Pelik, Banyak Tinggalkan Luka Politik

Dia mengatakan, kebijakan tersebut merupakan bagaian daripada reformasi birokrasi yang tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk pembangunan. Kebjakan berbasis penthalix dengan melibatkan semua stakeholder disebut sebagai langkah maju untuk mendongkrak perekonomian di wilayah itu.

"Sekaligus ini bisa menjadi turning point upaya transformasi reformasi sektor publik yg adaptif dan responsif dengan membangun kolaborasi penthalix," tambah peneliti Surabaya Survei Center (SSC) itu.

Hasil Survei FISIP UINSA: Gubernur Khofifah Ada di Urutan Teratas Berpotensi Jadi Bacawapres Ganjar

Dijelaskan Surokim, pengelolan event dan budaya untuk mendongkrak pariwisata dengan berbasis panthelix bisa ditiru oleh wilayah lain. Terutama kepala daerah di Madura dan Jatim. Dia optimis kegiatan itu akan berlangsung sukses dan akan dapat membawa manfaat bagi kebangkitan bagi perekonomian di Sumenep dan wilayah Madura.

"Sungguh ini langkah maju dan menurut saya keren. Jika upaya ini bisa berlangsung dengan baik dan progresnya bagus saya pikir bisa menjadi contoh dan model dalam pengelolaan event budaya di Madura dan Jatim," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title