Sekretaris Eksekutif SAS Institute Bantah Kiai Sa’id Aqil Siraj Dapat Aliran Dana Suap  Rp 30 Juta 

Mantan Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siroj
Sumber :
  • Viva

Jatim – Sekretaris Eksekutif Said Aqil Siroj (SAS) Institute, Abi Rekso menyampaikan dugaan Said Aqil dapat aliran dana telah merusak nama baik tokoh Nahdlatul Ulama (NU) tersebut. Ia berpandangan jika ditinjau dari aspek kesaksian persidangan, jelas Said merupakan subjek korban dalam praktik korupsi Unila.

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

“Kiai Said adalah subjek korban, karena beliau (SAS) sama sekali tidak tahu menahu terkait aliran tersebut," kata Abi, dalam keterangannya, Jumat, 28 Januari 2023.

Sebelumnya diberitakan bahwa nama mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj muncul dalam sidang perkara suap penerimaan mahasiswa baru atau PMB jalur mandiri Universitas Lampung atau Unila. Said Aqil Siroj diduga dapat aliran dana sebesar Rp. 30 juta. 

Cinta Tanah Air Sebagian dari Iman, Semboyan Patriotisme yang Diajarkan Rasulullah

Ia menjelaskan jika seorang yang datang untuk ceramah itu kemudian diberikan uang pengganti transport itu adalah hal biasa. Jika tidak dapat uang pun tidak menjadi masalah. 

"Jadi, harus dipahami bahwa motif kehadiran Kiai Said bukan karena amplop. Namun, karena permintaan untuk berdakwah,” jelas Abi.

Soal Perbedaan Awal Ramadan 1445 H, MUI: Mari Saling Menghormati

Abi juga mengatakan dari kesaksian yang disampaikan Muallimin jadi keterangan alat bukti persidanga. Kata dia, hal itu bukan hasil temuan baru persidangan.  Menurut dia, bila membaca hasil berita acara persidangan, maka jaksa penuntut umum tak fokus pada map bertuliskan SAS. Bagi dia, dengan kondisi itu, bisa disimpulkan bahwa Said murni subjek korban. 

“Pegangan publik ada pada hasil persidangan. Jika bicara asas keadilan baik Kiai SAS atau pun SAS Institute juga dirugikan dengan adanya pemberitaan negatif," tuturnya. "Ya, namanya juga era keterbukaan informasi, yang penting tetap ada ruang dialog," lanjut Abi.

Halaman Selanjutnya
img_title