Lolos CAT, 375 Calon PPIH Jatim Ikuti Seleksi Tahap Kedua

Peserta seleksi tahap kedua PPIH Jatim
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Setelah dinyatakan lolos Computer Assisted Test (CAT), 375 peserta calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Timur mengikuti seleksi tahap kedua di Gedung Musdalifah Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada Selasa, 31 Januari 2023. 

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram mengatakan bahwa tahapan seleksi itu dilakukan guna meningkatkan prinsip akuntabilitas petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas. Sehingga perlu rekrutmen selektif dari seleksi administrasi hingga wawancara. 

Maram menyebut bahwa seluruh calon peserta mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kemenag Ungkap 1.200 Pesantren di Jawa Timur Belum Kantongi Izin Operasional

"Seluruh pihak terkait hendaknya bersikap sportif, konsekwen dan konsisten serta lebih mengutamakan profesionalisme," ungkapnya saat membuka seleksi tahap kedua. 

Ia menegaskan, pelaksanaan seleksi ini dilaksanakan secara adil dan transparan, serta proses seleksi tidak ada pungutan biaya, maupun transaksi apapun, dalam bentuk apapun dan kepada siapapun untuk bisa meloloskan seseorang menjadi petugas haji.

Ada 3 Kasus Kekerasan Santri di Jatim di Awal Tahun 2024

Sementara itu Abdul Haris, Kepala Bidang Penyelenggaraan Ibadah Haji merinci, dari 375 orang peserta seleksi tahap kedua, 157 orang mendaftar ketua kloter, 164 orang sebagai Pembimbing Ibadah Haji, serta 54 peserta untuk pendaftar PPIH Arab Saudi.

Kuota untuk PPIH Kloter, kata Haris, masih menunggu pengumuman kuota kloter jemaah haji Jawa Timur. Sedangkan kuota PPIH Arab Saudi, ungkap Kabid PHU terdiri dari 9 orang pelayanan akomodasi, 2 orang pelayanan transportasi, 5 orang pelayanan konsumsi, 1 orang bimbingan ibadah, serta 1 orang pada Siskohat.

Halaman Selanjutnya
img_title