Waspada Hujan Lebat-Angin hingga Disertai Petir 3 Hari ke Depan di Jawa Timur

Hujan lebat sebabkan banjir
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Beberapa hari terakhir, cuaca hujan lebat disertai angin dan petir melanda wilayah di Jawa Timur. Cuaca tersebut akan berlangsung hingga 3 hari ke depan.

RSUD dr Soetomo Kini Punya Layanan Hematologi Onkologi Anak

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Juanda, Adityo Mega Anggoro mengungkapkan pihaknya telah merilis prakiraan cuaca dalam 3 hari dan sepekan ke depan.

"Prakiraan potensi hujan sedang sampai lebat 3 hari ke depan. Untuk himbauan kepada masyarakat, perlu di waspadai potensi hujan lebat dan dapat disertai petir yang dominan terjadi pada siang sampai sore hari," ungkap Adityo Mega Anggoro saat dikonfirmasi Viva Jatim, Rabu 1 Januari 2023.

Incumbent Maryoto Optimis Dapat Rekom PDI Perjuangan Tulungagung

Menurutnya, prospek kondisi cuaca 1 minggu ke depan dipengaruhi oleh adanya daerah konvergensi. Yaitu daerah pertemuan massa udara di wilayah Jawa Timur. Selanjutnya, aktifnya gangguan dari gelombang atmosfer Equatorial Rossby.

"Sehingga menghangatnya suhu muka laut di sekitar perairan Jawa Timur dapat meningkatkan potensi hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat untuk sepekan ke depan," paparnya.

Ditumpangi Satu Keluarga, Mobil Pikap Tabrak Warung Lalu Terbalik

Adityo mengungkapkan, untuk hari Kamis, 2 Februari 2023 diprakirakan hujan dan dimungkinkan terjadinya petir. Terjadinya petir tersebut dimungkinkan terjadi hingga pada hari Minggu, 5 Februari 2023 mendatang.

“Diharapkan Waspada terhadap potensi peningkatan kecepatan angin yang cenderung terjadi siang-sore hari. Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi web kami di juanda.jatim.bmkg.go.id," tandasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title