Terkuak, Ini Rahasia Kopassus Jadi Pasukan Elite Peringkat 3 di Dunia

Kopassus
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Danjen Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen Iwan Setiawan membeberkan kenapa Kopassus menjadi pasukan yang mendapatkan peringkat ketiga di dunia. Hal itu disampaikan dalam podcast Youtube milik seorang Letnan Kolonel Tituler, Deddy Corbuzier.

5 Negara dengan Pasukan Khusus Militer Mengerikan, Indonesia Punya Kopassus

“Nah, Kang Deddy, ini kan bukan penilaian saya, penilaian dari semua. Mungkin dari pengamat militer, yak an. Baik di dalam maupun di luar, terbukti lah. Mungkin ada ungkapan bahwa kita nomor 3 di dunia. Makanya saya bilang, apa karena orangnya besar-besar, apakah karena kuat ditembak?,” ungkap Mayjen Iwan, dilansir dari laman Viva Militer, Jumat, 3 Februari 2023. 

Ia pun mengungkapkan bahwa hal yang menjadikan Kopassus sebagai pasukan nomor tiga di dunia karena selama ini selalu solid dan disiplin dalam menjalankan tugas. Selain itu juga peran dan dharmanya untuk negara telah diakui dunia. 

Babe Haikal Bongkar Curhatan Prabowo soal Anies: Kok Begitu Sama Saya?

“Mungkin karena penugasan selama ini, Kopassus tidak pernah absen, baik di dalam maupun luar negeri, baik prestasi-prestasi, termasuk latihan bersama dengan negara-negara sahabat, termasuk operasi yang sudah dilakukan, yang diperankan oleh satuan Kopassus selalu memberikan dharma terbaik untuk negara, bahkan diakui dunia,” kata Mayjen Iwan menjelaskan. 

Sebelumnya, Deddy menjelaskan bahwa Kopassus pernah menempati peringkat ketiga dari penilaian Discovery Channel Military. Peringkat pertama Navy Seal America, Special Forces Inggris dan lalu Kopassus. 

Terungkap, Hal Ini yang Membuat Negara Asing Segan dengan Kopassus TNI

Deddy yang masih penasaran menanyakan kembali poin penting mengenai apa bentuk yang menonjol di Koppasus sehingga lembaga pertahanan khusus itu menempati posisi ketiga tingkat dunia. 

“Ya yang menonjol itu, sebetulnya orangnya, sama yang mengawakinya, jadi Kopassus itu bukan karena senjatanya hebat, bukan alusista nya yang canggih, tapi kemampuan perorangan. Kemudian, mental, prajurit Kopassus, kemudian semangat yang memang yang tidak ada tandingannya.” Jawab Iwan.

Halaman Selanjutnya
img_title