Respons Buya Arrazy Ihwal Konflik Palestina dan Israel, dari Agresi hingga Donasi

Buya Arrazy di podcast Deddy Corbuzier
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim –  Salah seorang mubaligh masyhur tanah air, Buya Arrazy turut memberikan respon ihwal konflik yang terus berkelanjutan antara Palestina dan Israel. Hal itu dikemukakan saat menghadiri acara podcast Deddy Corbuzier.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Dikutip dari VIVA, Dalam perbincangan itu, Buya Arrazy mempertanyakan mengapa kelompok Hamas tidak mensterilkan wilayah Gaza jika ingin menyerang Israel. Sebab, banyak warga Israel yang menjadi korban pembunuhan tentara Israel.

“Idealnya, Hamas kalau mau perang, sterilkan dulu wilayah perang, bener gak? Kenapa Hamas tidak sterilkan dulu, saudara dia, orang-orang Palestina di Gaza, saya gak tahu karena Gaza itu gak segede yang kita bayangkan, seperti kabupaten kali,” papar buya Arrazy.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Namun, warganet menilai bahwa Buya Arrazy terlalu kritis ketika menanggapi hal tersebut. Ia bahkan menyinggung kemungkinan alasan warga Palestina tidak mau meninggalkan Gaza. Selain itu, Buya Arrazy juga membahas soal donasi yang diberikan untuk Palestina.

“Indonesia ini gampang sekali kita buka ceramah di masjid lalu buka donasi, cepat sekali. Dan itu sudah bertahun-tahun ke mana duitnya?” ujar Buya Arazzy dalam cuplikan podcast yang diunggah Deddy Corbuzier di Instagram pribadinya, dilansir pada Rabu, 8 November 2023.

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Buya Arrazy mengaku sempat bekerja di lembaga filantropi yang mengurus donasi untuk Palestina. Ia menyebut bahwa donasi yang dikumpulkan masyarakat Indonesia untuk Palestina susah masuk ke sana karena daerahnya terkepung. 

"Ketika perwakilan kami yang kami utus bawa barang semua yang kita sudah kumpulkan di Indonesia sampai di sana tidak bisa masuk. Donasi jalur resmi, resmi itu ada 2 dari pemerintah, itu lebih bagus atau dari lembaga yang diakui pemerintah," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title