Habib Rizieq Masih Tunggu Ijtima Ulama Ihwal Arah Dukungan Pilpres 2024

Anies Baswedan dan Habib Rizieq.
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Setelah sekian lama tidak muncul ke arena percaturan politik tanah air, kini Habib Rizieq Shihab atau HRS akhirnya angkat bicara ihwal arah dukungannya di Pilpres 2024. Ia menyebut akan menunggu keputusan Ijtima Ulama untuk melabuhkan dukungan.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

"Saya banyak ditanya orang, bagaimana sikap kita untuk Pilpres 2024. Saya sendiri menjawab Saya menunggu keputusan Ijtima ulama," kata Habib Rizieq dikutip dari VIVA , Kamis 9 November 2023.

Ijtima Ulama sendiri adalah sebuah kegiatan di mana para ulama berkumpul dalam satu forum untuk mendiskusikan, membahas dan memutuskan berbagai hal yang berkaitan dengan umat. Dalam konteks Pilpres, para ulama akan menyampaikan pendapatnya mengenai siapa sosok yang akan didukung untuk ajang pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Habib Rizieq mengatakan, susunan kepanitiaan sudah terbentuk untuk menggelar Ijtima Ulama. Namun, Dia mengaku belum mengetahui secara pasti kapan Ijtima Ulama itu akan dilakukan.

"Kita belum dapat kabar, Insya Allah itu akan dilakukan di Jakarta atau sekitarnya tapi yang jelas Ijtima ulama ini saya mendukung sepenuhnya," kata Habib Rizieq.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

"Karena dari Ijtima ulama satu, dua, dulu yang pernah digelar, saya tahu betul Bagaimana proses Ijtima ulama, Bagaimana pendapat para ulama dari berbagai daerah, dihargai, dihormati sehingga bisa dimusyawarahkan sampai menjadi suatu keputusan," kata Habib Rizieq.

Menurut Habib Rizieq, untuk urusan sosial-politik, itu tak bisa diputuskan sendiri. Dia menegaskan, untuk orang muslim, anjuran untuk bermusyawarah telah diperintahkan oleh melalui Al Quran.

Halaman Selanjutnya
img_title