Iran Tak Segan bakal Cecar Israel bila Berani Membalas Serangan

Presiden Iran Ebrahim Raisi
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Beberapa waktu lalu publik digemparkan dengan serangan militer Iran ke wilayah Israel. Serangan tersebut sebagai balasan atas kebrutalan Israel yang menghancurkan kompleks kedutaan Teheran di Damaskus pada 1 April 2024 lalu. Insiden tersebut menewaskan 7 Pengawal Revolusi. 

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Dikutip dari VIVA, Kamis, 18 April 2024, Presiden Iran Ebrahim Raisi memperingatkan Israel bahwa mereka akan menghadapi respons yang menyakitkan jika Israel mengambil tindakan sekecil apa pun dalam menanggapi serangan drone dan rudal Iran.

“Kami dengan tegas menyatakan bahwa tindakan sekecil apa pun terhadap kepentingan Iran pasti akan ditanggapi dengan respons yang parah, luas dan menyakitkan,” kata Raisi dalam panggilan telepon Senin malam dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, di kutip dari The Times Of Israel, Kamis, 18 April 2024.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

Raisi menegaskan kembali bahwa Iran bertindak untuk membela diri, dan mengatakan bahwa operasi tersebut menargetkan pangkalan-pangkalan Israel yang digunakan untuk melakukan serangan di Suriah.

Sedangkan wakil Menlu Negeri, Ali Bagheri Kani juga menanggapi situasi buruk dengan Israel, mengatakan pada Senin malam bahwa negara Yahudi akan menghadapi tanggapan yang tegas dan keras jika mengambil tindakan lebih lanjut terhadap Iran.

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Kani menegaskan tidak akan ada lagi jeda 12 atau 13 hari antara tindakan rezim Zionis dan respons kuat Iran. Zionis sekarang harus memperhitungkannya dalam hitungan detik, bukan jam.

Iran mengatakan bahwa pihaknya telah memberi tahu Amerika Serikat dan memberikan peringatan 72 jam kepada negara-negara tetangganya sebelum melakukan serangan terbatas terhadap Israel.

Halaman Selanjutnya
img_title