Infrastruktur Rusak, Panitia Puncak Resepsi Satu Abad NU Komitmen Ganti Rugi

GOR Delta Sidoarjo
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Panitia puncak resepsi satu abad Nahdlatul Ulama (NU) berkomitmen untuk mengganti rugi atas kerusakan fasilitas umum di Kabupaten Sidoarjo akibat membludaknya peserta pelaksanaan kegiatan yang sudah berlangsung Selasa lalu, 7 Februari 2023.

Perkuat Sinergi dengan Awak Media, NU Jatim Ajak Budayakan Tabayun 

"Beberapa fasilitas yang rusak sedang kita lakukan hitung-hitungan untuk estimasi penggantian, termasuk yang ada di dalam stadion. Dalam waktu dekat akan kami selesaikan dengan sebaik-baiknya," ujar Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU, Rahmat Hidayat Pulungan  saat jumpa awak media di Sidoarjo, Rabu 8 Februari 2023. 

Rahmat menyebutkan ganti rugi ini tertuang dalam perjanjian yang diteken panitia dengan pemerintah daerah setempat. Sementara, untuk Kerusakan terlihat di beberapa sisi. Paling parah dan luas adalah titik yang berada di depan panggung utama puncak perayaan. 

Gus Muhaimin Salurkan Zakat Maal Rp 250 Juta di Nganjuk Lewat LAZISNU

“Mulai hari ini sudah diproses penghitungannya. Semua kerusakan dan sebagainya di dalam maupun luar stadion akan diganti rugi,” kata Alhakam Aqso, Sekretaris Panitia Harlah 1 Abad NU.

Kepala Disporapar Kabupaten Sidoarjo, Djoko Supriyadi membenarkan komitmen itu. Pihaknya mengatakan panitia telah menemui pihaknya terkait inventarisasi kerusakan apa saja yang tercatat. Kerusakan itu di antaranya rumput lapangan yang mencapai 90 persen.  Ia mengaku, saat ini pihaknya sedang menghitung berapa biayanya.

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

Dari berbagai rangkaian acara yang digelar, jumlah massa paling banyak memang saat resepsi puncak yang dihadiri Jokowi. Jumlah tersebut terbilang jauh dibanding prediksi panitia yang sebelumnya memperkirakan acara dihadiri sekira 1 juta orang.

“Ini acara besar, dan mungkin terbesar. Karena negara saja belum pernah menggelar acara selama 24 jam nonstop dengan melibatkan sampai jutaan orang,” Pungkas Rahmat.