Terbaru, Lebih dari 28.000 Orang Menjadi Korban Tewas Akibat Gempa Turki dan Suriah 

Tim Penyelamat membawa jenazah korban reruntuhan gempa Turki
Sumber :
  • Viva

Jatim – Sebanyak 28.000 orang menjadi korban tewas akibat gempa di Turki dan Suriah. Namun pencarian korban gempa bumi dengan kekuatan 7,8 skala richter di Turki pada Sabtu waktu setempat terhenti akibat adanya bentrok antarkelompok.

Detik-detik Kapal Kontainer Israel Disita Militer Iran

Akibatnya, harapan untuk menemukan lebih banyak korban selamat memudar dengan adanya bentrokan itu.

Dikutip dati Viva.co.id, Minggu, 12 Februari 2023, tim penyelamat dari Jerman dan tentara Austria menghentikan operasi pencarian pada Sabtu, dengan alasan bentrokan antara kelompok yang tidak disebutkan namanya. 

Petasan Meletus di Tangan, Remaja Asal Kedamean Gresik Luka Parah

Menurut laporan media lokal, hampir 50 orang telah ditangkap akibat penjarahan, dan beberapa senjata sudah disita pihak berwajib. Selain itu, keamanan diperkirakan juga akan memburuk karena persediaan makanan berkurang. 

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, dia akan menggunakan kekuatan darurat untuk menghukum siapapun yang melanggar hukum. 

Gempa Bumi 7,4 SR yang Melanda Taiwan Berpotensi Tsunami, Berdampak ke Indonesia?

Seorang juru bicara militer Austria mengatakan, pada Sabtu pagi, terjadi bentrokan antara kelompok tak dikenal di Provinsi Hatay. Hal itu telah menyebabkan puluhan personel dari Unit Penanggulangan Bencana Pasukan Austria mencari perlindungan di sebuah basecamp dengan organisasi internasional lainnya.

"Ada peningkatan agresi antar faksi di Turki. Peluang menyelamatkan nyawa tidak memiliki hubungan yang masuk akal dengan risiko keselamatan," kata Letnan Kolonel Pierre Kugelweis dalam sebuah pernyataan.

Halaman Selanjutnya
img_title