Kabar Gembira bagi Ketua OSIS dan Hafiz Quran, akan Ada Kuota Khusus Masuk SMA/SMK

Ilustrasi Siswa dan Siswi di Sekolah
Sumber :
  • Yudha Fury/Viva Jatim

Jatim – Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur akan memberikan kuota khusus bagi ketua OSIS, Hafiz Quran serta Program ADEM dan Repatriasi Papua dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2023 Juni mendatang. Hal ini dilakukan demi memunculkan lulusan yang bisa menjadi pemimpin hebat. 

Dispendik Gresik Larang Siswa SD-SMP Gunakan Sepeda Listrik

Plt Kepala Dindik Jatim, Wahid Wahyudi menjelaskan bahwa secara teknis aturan PPDB 2023 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Ada beberapa hal baru yang dimasukkan dalam PPDB tahun ini, yang di antaranya adalah kuota khusus untuk ketua OSIS.

Kriteria ini dibuat seiring dengan realitas saat ini, dimana pemimpin hebat yang akan memajukan negeri ini sangatlah dibutuhkan. 

Menaker di Surabaya: Pengangguran Terbuka Didominasi Lulusan SMK dan Sarjana

"Negeri kita butuh pemimpin hebat di masa depan. Kami melihat ketua OSIS SMA itu kebanyakan SMP nya menjadi ketua OSIS," ujar Wahid, Jumat 3 Maret 2023.

Wahid menambahkan kebijakan tersebut diadopsi dari kebijakan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang memberikan kuota khusus untuk calon mahasiswa yang saat berada di sekolah menengah atas atau kejuruan (SMA/SMK) menjadi Ketua OSIS, 

Jatuh dari Balkon Musala, Siswa SMP Tewas Usai Ujian di Lamongan

"Selain itu, ada jalur afirmasi pendidikan menengah (ADEM) yang diperuntukkan bagi anak-anak juga bagi anak-anak pekerja migran Indonesia," tambahnya. 

Wahid juga menyebut ada kebijakan baru soal jalur anak tenaga kesehatan (nakes). Tahun ini aturan tersebut dikerucutkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title