PKB Jatim Targetkan 65 Persen Menang Pilkada di 38 Kabupaten atau Kota

Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Jatim –DPW PKB Jawa Timur menaruh target besar pada pemilihan kepala daerah di 38 kabupaten atau kota se Jawa Timur. Target besar ini berkaca kepada pengalaman pada pilkada 2021 lalu yang hanya harus puas menang di 5 daerah.

Baru 35 Persen Kapal Nelayan Prigi Trenggalek yang Kantongi Izin

Sekretaris DPW PKB Jatim, Anik Maslahah mengatakan saat ini mempunyai total 11 kepala daerah dari PKB se Jatim. Angka ini pastinya akan ditambah pada pilkada 2024 hingga 65 persen. 

"Nah, target kita bisa menang 65 persen dari total 38 kabupaten/kota di Jawa Timur pada Pilkada serentak 2024," kata Anik di Surabaya. 

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

Menurutnya, daerah yang menjadi prioritas adalah petahanan yang juga masih memiliki tingkat elektabilitas sangat tinggi. Diantaranya, Kabupaten Lumajang yang saat ini dipimpin oleh Thoriqul Haq atau Cak Thoriq. Politisi muda itu juga merupakan kader PKB. 

Lalu, kabupaten Bojonegoro. Pada Pilkada 2018 lalu PKB berhasil mengantarkan kadernya Anna Muawanah sebagai Bupati Bojonegoro. Kemudian juga Kabupaten Blitar yang saat ini dipimpin oleh Bupati Rini Syarifah. Mak Rini merupakan politisi PKB yang menang pada Pilkada 2020. 

2 Agen BRI Link di Lamongan Dirampok Pria Bersenpi, Pelaku Pura-pura Jadi Nasabah

Disamping itu juga ada sejumlah daerah prioritas. Yakni, Kabupaten Sidoarjo. Daerah ini juga dikenal sebagai basis PKB. Pada Pilkada 2020 lalu, PKB berhasil mengusung Ahmad Muhdor Ali-Subandi. Selain sejumlah daerah tersebut, PKB menyebut beberapa kabupaten/kota lainnya turut dibidik. 

"Calon yang akan diusung PKB tentunya juga harus punya andil dalam Pileg dan Pilpres," ujarnya.