Wapres Ma'ruf Amin Luncurkan Gerakan Wakaf Indonesia di Tebuireng Jombang

Launching program GWI di SMA trensains Tebuireng Jombang
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimWakil Presiden, KH Ma’ruf Amin meluncurkan program Gerakan Wakaf Indonesia (GWI) di kompleks Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang, Rabu, 15 Maret 2023. 

Halal Bihalal dengan ASN Pemprov Jatim, Pj Gubernur Adhy Ajak Kembali Semangat Bekerja

Diketahui, Peluncuran GWI dilaksanakan di lahan yang diwakafkan  oleh KH. Hasyim Asy’ari. Lahan ini diserahkan kepada pesantren Tebuireng untuk pendidikan pada tahun 1934 silam. Kini, lahan tersebut telah berdiri bangunan kompleks Pesantren Sains Tebuireng dan menampung sekitar 1400 santri. 

Wapres didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa bersama Bupati Jombang Mundjidah Wahab, disambut oleh pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab dipanggil Gus Kikin. 

Ratusan Fasilitas Layanan Kesehatan di Jawa Timur Disiagakan Sambut Mudik Lebaran 2024

Kiai Ma'ruf mengatakan, gerakan wakaf bisa menjadi salah satu pendekatan untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan sosial. Oleh sebab itu, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat unyuk turut serta peduli dengan kemiskinan dan  ketimpangan sosial, dengan cara menyisihkan harta melalui wakaf.

“Sekarang sudah membangun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk menggerakkan ekonomi, termasuk gerakan wakaf di daerah-daerah,” katanya saat sambutan.

Jelang Idul Fitri 2024, Pj Gubernur Adhy Pastikan Stok dan Harga Bahan Pokok di Jatim Stabil

Menurutnya, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan versi World Giving Index 2022 di tahun 2018. Masyarakat Indonesia termasuk masyarakat yang gemar berbagi. 

"Sebut saja tradisi tumpengan, slametan, tahlilan dan banyak tradisi lain yang mayoritas dalam ritual tersebut selalu dibarengi dengan acara bagi-bagi berkat dan makan bersama. Dari sini terlihat masyarakat Indonesia sangat kental dengan tradisi komunal dan berbagi," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title