Wapres Ma'ruf Amin Luncurkan Gerakan Wakaf Indonesia di Tebuireng Jombang

Launching program GWI di SMA trensains Tebuireng Jombang
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimWakil Presiden, KH Ma’ruf Amin meluncurkan program Gerakan Wakaf Indonesia (GWI) di kompleks Pondok Pesantren Sains Tebuireng Jombang, Rabu, 15 Maret 2023. 

Pj Gubernur Jatim di HUT ke-24 APKASI: Forum Kuat Berikan Masukan ke Pemerintah

Diketahui, Peluncuran GWI dilaksanakan di lahan yang diwakafkan  oleh KH. Hasyim Asy’ari. Lahan ini diserahkan kepada pesantren Tebuireng untuk pendidikan pada tahun 1934 silam. Kini, lahan tersebut telah berdiri bangunan kompleks Pesantren Sains Tebuireng dan menampung sekitar 1400 santri. 

Wapres didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa bersama Bupati Jombang Mundjidah Wahab, disambut oleh pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau yang akrab dipanggil Gus Kikin. 

Momen Gibran, Emil, dan Hendy Bagi-bagi Susu saat Kunjungi Khofifah

Kiai Ma'ruf mengatakan, gerakan wakaf bisa menjadi salah satu pendekatan untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan sosial. Oleh sebab itu, dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat unyuk turut serta peduli dengan kemiskinan dan  ketimpangan sosial, dengan cara menyisihkan harta melalui wakaf.

“Sekarang sudah membangun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk menggerakkan ekonomi, termasuk gerakan wakaf di daerah-daerah,” katanya saat sambutan.

Pj Gubernur Adhy Dukung Jokowi Dalam Pengelolaan Air Bersih di Acara World Water Forum

Menurutnya, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan versi World Giving Index 2022 di tahun 2018. Masyarakat Indonesia termasuk masyarakat yang gemar berbagi. 

"Sebut saja tradisi tumpengan, slametan, tahlilan dan banyak tradisi lain yang mayoritas dalam ritual tersebut selalu dibarengi dengan acara bagi-bagi berkat dan makan bersama. Dari sini terlihat masyarakat Indonesia sangat kental dengan tradisi komunal dan berbagi," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title