Hari Raya Nyepi Berdekatan dengan Ramadan, Jumlah Penumpang Di Bandara Juanda Surabaya Meningkat

Situasi penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Awal puasa Ramadan tahun ini rupanya berdekatan dengan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945. Hal tersebut memberikan dampak peningkatan jumlah pergerakan penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda

Santapan Lebaran Bikin Naik Kolesterol? 6 Buah ini Bisa Bantu Netralkan Tubuhmu

Dari data trafik pengelola bandara, selama sepekan terakhir tercatat sejumlah 243.258 penumpang atau meningkat 6 persen jika dibanding jumlah penumpang di pekan sebelumnya yakni 229.481 penumpang. 

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar mengatakan bahwa momen awal Ramadan yang sekaligus berdekatan dengan cuti bersama Hari Raya Nyepi nampaknya dimanfaatkan para penumpang untuk melakukan perjalanan. 

Umat Islam akan Jalani 2 Kali Ramadan dalam Setahun, Kapan Itu?

“Hal ini nampak dari jumlah penumpang yang mencapai lebih dari 40 ribu sejak Jumat hingga akhir pekan lalu. Bahkan trafik pada Jumat, 17 Maret 2023 sejumlah 43.193 penumpang sementara ini menjadi yang tertinggi di tahun 2023," jelasnya dalam keterangan yang diterima Vivajatim. 

Meski jumlah penumpang sudah jauh lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya pasca hantaman pandemi Covid-19, Sisyani mengaku trafik saat ini baru mencapai 70 persen dibanding kondisi sebelum pandemi. 

Buya Yahya: Bagaimana Hukum Puasa Syawal tapi Masih Punya Utang di Ramadan?

"Di masa normal yang lalu rata-rata harian kami bisa melayani 55 hingga 60 ribu penumpang di periode peak season," terangnya.

Disinggung terkait operasional bandara pada saat Nyepi, dirinya menjelaskan bahwa Bandar Udara Internasional Juanda akan tetap normal beroperasi meski tidak melayani rute dari dan menuju Bali. 

Halaman Selanjutnya
img_title