Gubernur Jatim Sidak Harga Bahan Pokok di Pasar Mojokerto saat Ramadan, Ini Hasilnya

Gubernur Khofifah Blusukan ke Dua Pasar di Mojokerto
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar  Parawansa melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua Pasar Tradisional Mojokerto, Sabtu, 1 April 2024. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Dua pasar tradisional yakni Pasar Rakyat Kedungmaling, Kecamatan Sooko dan Pasar Raya Mojosari. Sidak dilakukan untuk memastikan suplai harga kebutuhan pokok aman dan terkendali serta sesuai  dengan Harga Eceran Tertinggi (HET, khususnya saat bulan Ramadhan ini.

Khofifah yang didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengecek secara langsung harga bahan pokok di 2 pasar rakyat tersebut kepada para pedagang. Antara lain,  pedagang pasar yang menjual beras, minyak goreng, daging ayam, cabai, bawang putih, bawang merah.


Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

"Pertama saya ingin memastikan ketersediaan barang cukup sembako ini. Kedua suplai bagus sampai titik distribusi. Untuk harga beras ada kenaikan Rp 100 sampai Rp 150 per kilogram, untuk cabai rawit, cabai merah, bawang sudah di bawah HET," terang Gubernur Khofifah, Sabtu,  2 April 2023. 



Khofifah menambahkan, untuk minyak goreng, gula sudah murah dan juga berada di bawah harga eceran tertinggi (HET).



IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

"Ketika harga pupuk ada kenaikan, maka HET beras memang harus dilakukan penyesuaian. Jika ada kenaikan Rp 100 sampai Rp 150 per kilo kita harus ke badan pangan nasional saat itu oleh Presiden untuk menghitung kembali," ujarnya.



Menurut Khofifah, saat ini pemerintah menunggu HET baru yang masih dikonsolidasi antara Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional dan Kementerian Dalam Negeri.



"Apakah HET dan HPP pada harga gabah panen (HGP) itu akan ada penyesuaian sesuai dengan operasional cost mereka, terutama pengadaan pupuk. Kita sambil menunggu HET kemungkinan akan dikonsolidasikan antara Kementan, Badan Pangan Nasional dan Kemendagri," pungkasnya.


Selain Bupati Mojokerto, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah turut hadir dalam kesempatan tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title