Dihadiri Ribuan Siswa dan Mahasiswa, Kadin Jatim Gelar Sosialisasi Kuliah Gratis dan Kerja di Jerman

Sosialisasi Kuliah Gratis dan Bekerja di Jerman
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Keinginan siswa dan mahasiswa di  seluruh Gresik untuk bisa belajar dan bekerja di luar negeri dinilai cukup tinggi. 

Demokrat Gresik Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup Pilkada 2024

Hal tersebut terlihat dari ansutiasme mereka saat mengikuti kegiatan Kuliah Umum Vokasi, Kewirausahaan dan Sosialisasi Kuliah Gratis serta Bekerja di Jerman Bersama ribuan siswa SMK  dan SMA Se-Kabupaten Gresik di GOR Wahana Ekspresi Poesponegoro Gresik, Sabtu, 1 April 2023. 

Acara yang digelar oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Gresik, Kadin Provinsi Jawa Timur,  Pemerintah Kabupaten Gresik dan bekerjasama dengan Habibie Education Youth (HEY) tersebut diikuti sekitar 3.500 peserta, mulai dari siswa SMA, SMK dan mahasiswa Perguruan Tinggi, guru dan dosen di seluruh kabupaten Gresik.

Aksi Donor Darah RSWH, 30 Kantong Darah Disumbangkan ke PMI Gresik

"Ini adalah peluang bagi siswa dan mahasiwa untuk bisa berkarier dan belajar di luar negeri. Kadin bersama HEY akan berusaha menfasilitasi. Sementara calon mahasiswa yang ingin belajar dan bekerja di Jerman juga harus mempersiapkan keahlian bahasa mereka," ujar Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto di Surabaya, Sabtu, 1 April 2023 malam. 

Selain mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam rangka menghadapi bonus demografi di tahun 2045, langkah ini juga untuk mengurangi jumlah pengangguran dalam negeri. Apalagi menurut data yang ada, SMK adalah lembaga pendidikan yang selama ini telah mencetak pengangguran  paling tinggi dibanding lembaga pendidikan lain.

Truk Tabrak Motor dan Rumah di Gresik Usai Oleng Keluar Jalur, 1 Tewas

"Harapan kami, program yang kami luncurkan ini akan menjadi salah satu alternatif dalam mengurangi angka pengangguran. Dan bonus demogrrafi ini harus betul-betul dimanfaatkan," ujarnya. 

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani memberikan apresiasi dan memuji Kadin yang memiliki beragam program untuk meningkatkan SDM Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title