Ketua Komisi II DPR RI Soroti Hubungan Ketua KPU dengan Ketum Salah Satu Partai Alias Wanita Emas

Ketua Komisi II DPR Ri, Ahmad Doli Kurnia
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimKetua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia merespons putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terhadap Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Diketahui, Hasyim terbukti melanggar kode etik penyelenggara pemilu

Ketua KPU Hasyim Asy'ari Didesak Mundur Gegara Langgar Kode Etik

Dalam putusannya, Hasyim terbukti memiliki hubungan dengan Ketua Umum Partai Republik Satu Hasnaeni Moein alias wanita emas. Bahkan, Hasyim juga turut melakukan pertemuan dan perjalanan bersama dengan wanita emas ke Yogyakarta. 

Doli menilai, pertemuan dan perjalanan Hasyim dengan Hasnaeni ke Yogyakarta sebagai sesuatu yang tidak pantas. Mengingat Hasyim menjabat sebagai Ketua KPU dan Hasnaeni selaku ketua umum partai.  

Hari Ini, Ketua KPU RI Diperiksa DKPP Terkait Dugaan Asusila

"Saya melihat ini bukan soal wanita saja. Ini kan ketua umum partai, jadi kalaupun dia seorang laki-laki juga tidak pantas berhari-hari jalan dengan Ketua KPU," ujar Doli kepada wartawan, Selasa, 4 April 2023.

Doli juga menyebut, kegiatan Hasyim bersama dengan Hasnaeni yang melakukan perjalanan bersama itu dapat menimbulkan kecurigaan terhadap partai lain. 

Mas Dhito Beberkan Alasan Maju Lagi di Pilkada Kediri

"Itu kan menimbulkan kecurigaan terhadap partai lain. Ada apa, ketua umum partai politik seperti sangat akrab, berdekatan dengan penyelenggara pemilu," kata dia. 

Politisi Golkar ini lantas meminta kepada seluruh penyelenggara pemilu untuk berhati-hati dalam bersikap jelang Pemilu 2024. Kata dia, tingkat kepercayaan publik terhadap independensi KPU maupun lembaga penyelenggara pemilu bisa menurun jika para penyelenggara pemilu tidak memiliki etika yang baik. 

Halaman Selanjutnya
img_title