Ketua KPU Hasyim Asy'ari Dipecat gegara Asusila, Wapres: Jangan Main-main!

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat konfrensi pers di sela acara APA di Surabaya
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Wakil Presiden Ma'ruf Amin merespons pemecatan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari. Ia menghormati keputusan tersebut seraya menegaskan pentingnya menjaga moralitas dan integritas.

Profil Mochammad Afifuddin, Plt Ketua KPU RI Pengganti Hasyim Asy'ari

Hal itu disampaikan Ma'ruf Amin saat menghadiri acara Asian Pasific Aquaculture (APA) di Grand City Hall Convention Surabaya, Kamis, 4 Juli 2024.

Ma'ruf mengaku menghormati keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang memecat Hasyim Asy'ari usai terbukti bersalah melakukan tindak asusila terhadap Anggota Petugas Pemungutan Luar Negeri (PPLN) wilayah Eropa.

Dipecat dari Ketua KPU, Ini Sederet Pelanggaran Etik yang Dilakukan Hasyim Asy'ari

"Kita menghormati, itu sudah menjadi keputusan DKPP. Mereka punya alasan untuk mengambil keputusan itu, kan kewenangan dari DKPP," tegasnya.

Ia kemudian menyampaikan bahwa kasus yang dialami mantan Kepala Satuan Koordinasi Wilayah Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Jawa Tengah itu bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak. Terutama para petinggi institusi supaya mengedepankan moralitas dan integritas.

Wapres Ma’ruf Amin Puji Pengelolaan Limbah Terintegrasi di SIER Jadi Contoh Nasional

"Ini peringatan jadi jangan main-main. Nanti seperti apa yang terjadi di KPU, nanti kalau ada yang lain pasti akan terjadi lagi. Karena itu buat saya ini jadi pelajaran penting untuk memegang moralitas dan kemudian juga integritas," tegasnya.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title